PALAS - Momentum Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang diperingati setiap tahunnya harus dibarengi dan diaktualisasikan dengan penguatan nilai -nilai pancasila di tengah masyarakat sebagai fondasi berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan Ketua DPD AMPI Kabupaten Padanglawas (Palas) Mardan Hanafi Hasibuan SH MH menanggapi momentum makna Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut Mardan, Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang tidak dapat digantikan karena tidak terlepas dari perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan melawan penjajahan maupun pemberontak.

"Dalam mempertahankan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia banyak ujian dan ganguan oleh berbagai golongan yang anti terhadap prinsip falsafah Pancasila," ungkapnya, Jumat(1/10/2021).

Untuk itu lanjut Mardan, Pancasila diakui sebagai Dasar Negara RI harus dipertahankan oleh segenap elemen bangsa indonesia, khususnya pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus menghayati dan mengamalkan pancasila sebagai dasar negara.

Kata Mardan, Pancasila memiliki kesaktian yang tidak dapat tergantikan oleh paham apapun. Oleh sebab itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum yang tepat untuk mengaktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Dengan menghayati dan memahami dari peristiwa G30S/PKI, sambungnya menguatkan bahwa pancasila tetap sakti, bagi golongan tertentu yang ingin mengubahnya, menbubarkan dan meniadakan pancasila dapat ditepis.

"Kita diwajibkan menghormati pancasila sebagai dasar negara sehingga harus dihayati dan menunjukan kesetiaan kita dengan memperingatinya setiap 1 Oktober untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh," pungkasnya.