LHOKSEUMAWE – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) markas Besar (Mabes) TNI AD dipimpin Asisten Latihan (Aslat) kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Mayjen TNI Harianto didampingi Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya dan Dansatgas TMMD ke -112 Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto,S.AP, meninjau langsung pekerjaan fisik pembangunan jalan usaha tani, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan normalisasi saluran di Desa Cot Trieng dan Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Jumat (1/10/2021).

Kunjungan Tim Wasev Mabes TNI AD ini dalam rangka melakukan pengawasan seluruh kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 tahun 2021 yang dilaksanakan Kodim 0103 Aceh Utara.

Mayjen TNI Harianto beserta rombongan disambut Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P., Kasrem 011 Lilawangsa, Letkol Czi M Ridha Has, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, Kajari Lhokseumawe, serta pejabat di instansi terkait lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Wasev Mabes TNI AD melaksanakan peninjauan dan mengecek secara langsung sasaran fisik TMMD Reguler Ke-112 Kodim 0103 Aceh Utara, yakni pembangunan jalan, Rehab Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ), normalisasi saluran air tambak dan pembuatan lapangan volley.

“Program TMMD ini selain membangun berbagai fasilitas fisik dan non fisik, yang lebih penting adalah mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, dan kita beri apresiasi terhadap program TMMD diwilayah Lhokseumawe ini,” katanya.

Kawasan yang dijadikan sasaran TMMD juga mendapat perhatian dari tim Wasev Mabes TNI AD dan dikatakan lokasi sasaran sudah sangat tepat.

“Saya datang ke Desa Cot Trieng dan Desa Blang Naleung Mameh ini dalam rangka melihat kegiatan TMMD Reguler ke-112. Ini cukup luar biasa,sasaran fisik yang dilaksanakan, pembangunan RTLH satu unit, pembuatan jalan dan normalisasi saluran air tambak yang melibatkan personel terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat, lokasi sasaran TMMD sudah sangat tepat sekali,” ungkapnya.

Jika biasanya kita melaksanakan kegiatan TMMD didaerah yang agak mudah terjangkau, kata Mayjen TNI Harianto, namun saat ini daerahnya agak sulit dijangkau, bisa dikatakan pembangunan didaerah ini memang masih sangat membutuhkan

“Tadi sudah saya sampaikan kepada Walikota Lhokseumawe, kalau bisa jangan menunggu kegiatan TMMD berikutnya. Kalau bisa lakukan dengan karya bakti skala besar, karena masyarakat di tempat-tempat terpencil ini juga ingin merasakan hasil pembangunan, dan kerjasama antara TNI dan pemerintah daerah adalah solusi untuk memecahkan persoalan itu,” katanya.

Diuraikan, dalam kegiatan TMMD ini juga akan mempererat kerjasama termasuk memupuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sehingga yang bekerja di sini bukan hanya tentara saja, tetapi juga masyarakat.

Mayjen TNI Harianto mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan walikota setempat atas dukungan terhadap pelaksanaan TMMD. Kegiatan ini diyakini membawa manfaat besar untuk masyarakat d lokasi kegiatan yang memang masih membutuhkan bantuan.

Sementara itu, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya menyampaikan terima kasih kepada TNI karena membantu pembangunan desa terpencil melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112.

TMMD Reguler ke-112 digelar oleh Kodim 0103 Aceb Utara di Desa Cot Trieng dan Desa Blang Naleung Mameh Kecamatan Muara Satu ini merupakan salah satu desa terpencil menuju pusat Kota Lhokseumawe dan kondisi infrastrukturnya juga masih terbatas.

“Kegiatan TMMD ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat kami karena infrastruktur di desa-desa tersebut memang masih perlu perhatian. Dengan adanya TMMD berarti telah membantu pemerintah dalam membangun daerah terpencil,” kata Suaidi.