TOBA - Regal Springs Indonesia (RSI) memberikan bantuan 350.000 bibit ikan nila (tilapia) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupatan Serdang Bedagai. Ini sebagai upaya pengembangan ekonomi masyarakat khususnya dalam budidaya ikan di wilayah operasional perusahaan tersebut.

Pemberian bantuan ini merupakan sinergi dengan stakeholder terkait, seperti DPRD Serdang Bedagai, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Kelautan dan Perikanan serta UMKM atau kelompok tani budidaya ikan nila.

Bantuan tersebut merupakan realisasi dari program keberlanjutan KAMI PEDULI - Water Access untuk mendukung perekonomian, meningkatkan ekosistem sungai dan ketahanan pangan Kabupaten Sergai di masa pandemi.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kehadiran kolaborasi pemerintahan dengan pelaku usaha di tengah-tengah masyarakat.

Head of Corporate Affairs Regal Spring Indonesia, David Tampubolon dalam siaran persnya Kamis (30/9/2021) mengatakan bantuan yang diberikan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk ikut berperan pembantu ekonomi lokal.

"Program ini adalah salah satu langkah RSI untuk dapat bermanfaat secara sosial dan ekonomi terhadap masyarakat yang terdampak pandemi," ujarnya.

Senior Manager Corporate & Community Affairs Regal Springs Indonesia, Dian Octavia juga menyampaikan, penyaluran bibit ikan nila yang sudah terealisasi dari semenjak 9 September 2021 di Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan dan Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Sergai.

Selanjutnya bantuan ikan nila diserahkan kepada para pelaku UMKM budidaya ikan di Kolam Dewan UMKM Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban, pekan lalu, (22/9/2021).

"Seluruh penerima manfaat dari program KAMI PEDULI – Water Access ini adalah petani tambak – 17 (Pokdakan) Kelompok Budidaya Perikanan dan 1 UMKM (40 kelompok) di sekitar wilayah operasional Regal Springs Indonesia yang tersebar di beberapa Kecamatan. Masing masing pelaku UMKM mendapatkan sebanyak 1.000 hingga 2.000 ekor bibit ikan nila.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai, Sri Wahyuni berharap melalui rangkaian pemberian bantuan bibit ini para petani tambak dapat meningkatkan panen, usaha UMKM tetap berjalan dengan baik.