TOBA - Longsornya ruas badan jalan di beberapa titik pada ruas jalan provinsi Kecamatan Silaen, Kecamatan Habinsaran, Kecamatan Nassau menuju Kabupaten Labuhan Batu nyaris membuat terputusnya hubungan transportasi antar Kecamatan dan Kabupaten di wilayah Habinsaran Kabupaten Toba. Longsornya jalan ditengarai warga akibat deras dan tingginya curah hujan di bulan September 2021 ini serta banyaknya truk yang melintas yang muatannya melebihi tonasi pengangkutan kendaraan yang ditetapkan.

Beberapa titik ruas jalan provinsi yang nyaris terputus akibat derasnya curah hujan di antaranya di Desa Napitupulu Kecamatan Silaen, Desa Buluduri dan Kelurahan Parsoburan Barat Kecamatan Habinsaran dan di Desa Nassau Kecamatan Nassau.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Toba Sikkat Sitompul saat dikonfirmasi GoSumut, Kamis (30/9/2021) menjelaskan setelah mendapatkan laporan dari pihak kecamatan dengan adanya beberapa titik ruas badan jalan provinsi dari Kecamatan Silaen menuju Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau menuju ke Kabupaten Labuhan Batu mengalami longsor dan hampir putus, langsung melaksanakan perbaikan sementara.

Kemudian lanjutnya, melalui bidang perlatan langsung turunkan ke lokasi beberapa jalan yang longsor untuk melakukan perbaikan dan penimbunan serta pembersihan jalan dengan mengunakan alat berat.

Semua jalan yang longsor langsung ditimbun sementara agar bisa dilalui warga dengan aman serta arus perekonomian di masing masing kecamatan.

Ditambah lagi lanjut, jalan tersebut adalah jalan provinsi yang pembangunan dan perawatannya dibawah provinsi. Pihaknya juga berjanji, akan menyurati pihak pemerintah Provinsi Sumatera Utara C/q Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara agar ke depannya bisa mengalokasikan anggaran.

Terpisah Kepala Bidang Peralatan Dinas PUPR Kabupaten Toba Maju Simangunsong menjelaskan, setelah pihaknya mendapat perintah dari Kepala Dinas PUPR Kabupaten Toba atas peristiwa longsor dan hampir terputus, langsung turun ke lokasi melakukan perbaikan dan penimbunan serta melakukan pembersihan tanah longsoran gunung yang menutupi ruas badan jalan.

Perbaikan yang dilakukan, menimbun jalan yang hampir putus dan membersihkan longsoran gunung yang menutupi ruas badan jalan agar aktifitas transportasi warga tidak terganggu.