MEDAN – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Rabu (29/9/2021).
Keikutsertaan Anggota Gerakan Pramuka Kota Medan ini dalam rangka untuk turut berperan aktifnya anggota Gerakan Pramuka dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 khusunya di Kota Medan

Jumlah sasaran penerima vaksin di wilayah ini sebanyak 300 dosis vaksin per kelurahan. Sebagaimana diketahui bahwa vaksinasi adalah salah satu upaya dan ikhtiar pemerintah dalam rangka mencegah dan menekan laju penyebaran COVID-19. Namun demikian, usai vaksinasi, seluruh masyarakat masih harus tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

Camat Medan Johor sekaligus Waka Binamuda Kwarcab Kota Medan, Zulfakhri Ahmadi, mengatakan kegiatan ini adalah Vaksin Jempol yaitu vaksin jemput bola untuk turun langsung ke lingkungan.

"Vaksinasi ini akan dilaksanakan selama 8 hari kedepan yang setiap hari nya disediakan 300 dosis vaksin untuk warga Kecamatan Medan Johor," ujar dia.

Di tempat yang sama, Ibnu Hariansya selaku Ketua DKC Kota Medan menjelaskan, anggota Gerakan Pramuka Kota Medan diajak untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya terutama dalam edukasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular, seperti Covid-19 dan sebagai bentuk partisipasi Gerakan Pramuka dalam menyukseskan program nasional penanganan Covid-19 dan program Walikota Medan untuk percepatan vaksinasi bagi warga Kota Medan.

Pramuka secara khusus juga terlibat dalam program Duta Perubahan Perilaku yang memberikan contoh dan menjadi garda terdepan dalam penerapan protokol kesehatan serta dalam rangka mendukung gerakan kedisiplinan nasional di masa pandemi COVID-19.