PALAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padanglawas (Palas) mengandeng Basarnas Pos Parapat Danau Toba menggelar pelatihan kepada Tim Satgas Bencana untuk penggunaan peralatan kebencanaan respon darurat bencana.

Kegiatan pelatihan yang diikuti 24 peserta dari Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana unit internal BPBD akan mengikuti latihan materi dan praktek selama dua hari mulai 29-30 September 2021 secara resmi dibuka Wakil Bupati, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, Rabu (29/8/2021).

Wabup Zarnawi berharap, peserta yang mengikuti pelatihan ini harus bersunguh - sunguh untuk menambah wawasan dan pengetahuan agar mahir mengunakan peralatan kebencanaan darurat ketika terjadinya peristiwa bencana alam dan lainnya.

"Pelatihan ini bertujuan memberikan edukasi kepada tim Satgas Bencana BPBD Palas untuk memahami tentang teknik dan praktek berbagai ragam jenis peralatan dan tentang pengunaan secara tepat yang dibimbing instruktur pelatihan dari Basarnas Pos Parapat Danau Toba," kata Wabup.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Palas, Amit Hadi Nasution SH melalui Kabid Kedaruratan Salvator IP Sitorus ST didampingi Kasubbid Logistik dan Distribusi Ir Ade Martua Harahap ST MM menjelaskan, kegiatan pelatihan peralatan ini bertujuan untuk mengedukasi tim Satgas Bencana BPBD dalam menggunakan peralatan kebencanaan darurat.

Menurut Salvator, kejadian bencana tidak terduga dengan berbagai tingkat kerusakan berpotensi memutus mata rantai akibat bencana.

Untuk itu, lanjutnya tim satgas harus diberikan edukasi tentang penggunaan peralatan kebencanaan sangat penting untuk dilakukan sehingga setiap orang yang telah diperkenalkan dan dilatih dapat menggunakan peralatan tersebut secara optimal, ujar Salvator.

Salvator mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di pusat maupun di daerah sehingga siapapun personil yang ditugaskan dalam misi penanggulangan bencana dapat memahami penggunaan peralatan kebencanaan cepat darurat bencana tanpa harus terpaku pada beberapa personil saja.

"Pelatihan penggunaan peralatan kebencaan dilaksanakan dua hari yang diikuti 24 orang peserta dari Satgas tanggap bencana BPBD Palas," tambahnya.

Untuk pelatihan praktek, katanya akan dilaksanakan Kamis 30/9/2021) di Danau Gayambang Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas.

Sebelumnya Kepala Basarnas Pos Parapat Danau Toba, Hisar Turnip SE mengatakan, melalui bimtek diharapkan mampu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khusus tim Satgas tanggap bencana.

"Tim personil yang bertugas di lapangan harus mampu menggunakan peralatan kebencanaan dengan efektif tanpa harus selalu terpaku pada beberapa personil saja," ucapnya.

Kegiatan pelatihan ini, sambungnya ada beberapa peralatan yang diperkenalkan dan dipelajari oleh para peserta, antara lain perahu karet, pelampung (life jacket), mobil resque, perahu mesin dan lainnya.