TAPTENG  - Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Murdianto S.Pd MM, didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sibolga Drs Rustam Efendi Hasibuan MM, dan Kepala Seksi SMA Elvrida Novianna Sinaga S.Pd, memonitoring pelaksanaan Assesmen Nasional (AN) yang digelar di SMA Negeri 1 Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Assesmen Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN) ini diikuti 45 peserta. Dijadwalkan selama dua hari yakni, dari tanggal 27 hingga 28 September 2021. Setiap harinya Assesmen Nasional dilakukan dalam tiga sesi, dengan peserta sebanyak 15 siswa. 

Materi yang diujikan untuk hari pertama terdiri 3 sub test yakni, latihan selama 10 menit, literasi selama 90 menit, dan survey karakter selama 30 menit. Untuk hari kedua 3 sub test yakni, latihan selama 10 menit, numerasi selama 90 menit, serta survey lingkungan belajar selama 30 menit.

Kepala SMA Negeri 1 Pinangsori, Muhammad Ali SPd MM, kepada awak media mengatakan, pelaksanaan Assesmen Nasional (AN) yang dilaksanakan di sekolahnya sudah dipersiapkan dengan maksimal, termasuk persiapan sarana dan prasarana. Sebagai salah satu instrumen untuk mengukur kemampuan siswa, Assesmen Nasional juga dilaksanakan mengikuti peraturan yang berlaku dan protokol kesehatan yang ketat.


"Secara umum kita siap melaksanakan Assesmen. Tidak ada kendala pada saat pelaksanaan. Semua peserta hadir, termasuk 5 cadangan yang kita siapkan," kata Muhammad Ali, Selasa (28/9/2021).

Sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan, Ali menekankan kepada seluruh peserta mengerjakan soal-soal Assesmen dengan baik dan sungguh-sungguh.

"Dari 45 peserta, 2 orang berasal dari SMA Islam Insan Cendekia Badiri," terangnya. 

Disela-sela kunjungannya, Murdianto berterima kasih kepada pihak SMA Negeri 1 Pinangsori, yang telah mempersiapkan dan melaksanakan Assesmen  Nasional dengan baik. Mantan Kepala SMA Negeri 1 Matauli Pandan ini juga menyemangati siswa siswi peserta Assesmen Nasional. 


"Terimakasih kepada Kepala Sekolah berserta jajarannya yang telah mempersiapkan dan melaksanakan Assesmen Nasional dengan baik. Sebagai bagian dari peningkatan mutu pendidikan, siswa harus bersemangat dan serius untuk mengerjakan materi yang diujikan," ujarnya.