MEDAN - Mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) menggelar aksi demo di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( L2DIKTI) Provinsi Sumatera Utara Selasa (28/9/2021). Pasalnya kampus mereka mendadak ditutup 2 tahun silam, karena adanya masalah internal.

Masa meminta kejelasan dari pihak yang terkait termasuk Kampus dan L2DIKTI dan dapat memberikan solusi yang sudah mengakibatkan mahasiswa putus kuliah.

"Kami minta kejelasannya pak, kami tidak akan pulang sebelum mendapat kejelasan. Jangan jadikan kami korban atas permasalahan pribadi antar dua belah pihak universitas," jelas salah satu mahasiswa saat orasi.

Dalam orasinya mahasiswa juga menuliskan keluhannya dispanduk yang berisi 'Menuntut Yayasan Pendidikan Sosial Dwiwarna dan LLDIKTI Terkait Pertanggungjawaban Terhadap Mahasiswa'.

"Kita dipindahkan tapi pihak yayasan tidak mau mengeluarkan surat-surat. Jadi bagaimana kami bisa dipindahkan," kata mahasiswa.

Mahasiswa berharap pihak kampus secepatnya menyelesaikan masalah tersebut.

Kemudian dilihat dari hasil rapat LLDIKTI melalui surat yang berisi yakni pertama mahasiswa ITM akan dipindahkan ke universitas swasta lainnya di media

2. Awal September dan Awal Oktober mahasiswa dipindahkan ke universitas swasta di Medan

3. Untuk yang sudah meja hijau akan ada diskusi lanjutan paling ideal dilanjutkan sidang di ITM atau dilanjutkan sidang di Universitas Swasta baru dengan catatan segala administrasi di sesuaikan dengan kampus baru yang dipilih.

4. Untuk data mahasiswa di PDDIKTI diarahkan tidak hilang walaupun ITM sudah ditutup, data akan dipindahkan dahulu ke kampus yang haru.

5. Untuk ijazah mahasiswa yang sudah sidang pada saat konflik akan diusahakan koordinasi dengan pihak yayasan sehingga bisa saja ijazahnya dari ITM atau Universitas Swasta yang baru.

6. ITM tidak bisa diambil alih universitas swasta lain dikarenakan ITM legalitasnya Yayasan Dwi warna.