LHOKSEUMAWE - Penggiat pupuk organik yang tergabung dalam wadah kelompok Tani  Lumbung Cot Mambong, Koperasi Tualang Lestari di Desa Cot Mambong, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara manfaatkan bunga kecubung untuk bahan baku pupuk organik cair Pestisida Nabati (Pesnab) berguna untuk mengusir hama dan penyubur  tanaman. "Bunga kecubung tersebut banyak tumbuh di kawasan hutan Aceh Tengah maupun Bener Meriah, bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pupuk organik cair, " kata Taufik Helmi, Minggu (26/9/2021). 

Selama ini, tambah Taufik Helmi yang memiliki peternakan ayam pedaging di Desa Blang Poroh, Kecamatan Nisam antara, Kabupaten Aceh utara itu, mengutip bunga kecubung di areal pinggiran hutan Aceh Tengah. 

"Stok pupuk organik cair udah menipis, makanya kita produksi lagi untuk kebutuhan anggota kelompok tani, karena rata-rata anggota kelompok Tani tidak lagi menggunakan pupuk kimia, anggota kelompok udah beralih menggunakan pupuk organik yang kita produksi sendiri," jelasnya.

Ada tiga jenis pupuk organik cair yang berhasil diproduksi kelompok Tani Lumbung Cot Mambong, yakni Jamu Sehat Tanaman (TST), Nutrisi Bio Remidiasi (MBR) dan Pestisida Nabati (Pesnab), sedangkan satu jenis lagi pupuk padat yakni organik hanasa.