PALAS - Wakil Bupati Padanglawas (Palas) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi meninjau dan monitoring pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan(Nakes) di RSUD Sibuhuan, Jumat (24/9/2021). Dalam peninjauan ini turut serta Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi dan Perwira Penghubung Kodim 0212/TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan dan Direktur RSUD Sibuhuan, dr Elni Rubianti Daulay dan Kadis Kesehatan, dr Ummi Sahara Matondang dan sejumlah Pimpinan OPD. 

"Pembangunan kesehatan merupakan unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan," kata Wabup usai meninjau kegiatan vaksinasi bagi nakes.

Dikatakan, program kesehatan menjadi salah satu prioritas utama di daerah ini sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati mewujudkan Kabupaten beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

Kata Wabup dengan dilaksanakannya vaksinasi bagi seluruh nakes untuk pemberian dosis ketiga dengan jenis Moderna merupakan wujud kepedulian membangun kesehatan bersama dan keselamatan kemanusian di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Berbagai upaya dilakukan pemerintah bersama nakes dalam menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona didaerah ini," ungkap Zarnawi.

Wabup Zarnawi berharap, kegiatan vaksinasi seluruh nakes ini bisa menjalin silaturahmi dan bertukar informasi guna menyerap semua kendala serta permasalahan yang ada di lapangan atau tempat pelayanan kesehatan masyarakat.

Ia juga berpesan, agar seluruh nakes selalu menjaga kesehatan karena tugas dan tanggungjawab pelayanan kesehatan sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

"Nakes memiliki peran penting di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini untuk mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta mensukseskan pencapaian target vaksin untuk membentuk herd immunity," pintanya.

Ia menambah, dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan masyarakat, keberadaan puskesmas dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat menjadi tolak ukur dalam pembangunan kesehatan, tandas Zarnawi.