PALAS - Sebanyak 20 pelaku wirausaha baru di Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyalurkan bantuan peralatan untuk pengembangan usaha. Bantuan peralatan usaha ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas, kepada para pelaku usaha di daerah tersebut.

Bentuk bantuan peralatan bagi pelaku wirausaha baru ini antara lain, kompresor, mesin giling cabe, frezer serta alat masak kue.

Wakil Bupati Padanglawas (Palas), drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi didampingi Kabid Pembinaan Pelatihan dan Penempatan Kerja, Gaharuman Hasibuan secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada para pelaku wirausaha baru yang ada di Kecamatan Barumun.

“Bantuan peralatan usaha yang kita salurkan kepada pelaku wirausaha baru sebanyak 20 perlengkapan untuk pengembangan usaha yang meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Wabup, Jumat (24/9/2021).

Kata Zarnawi, bantuan tersebut bertujuan untuk peningkatan dan pemulihan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap pelaku wirausaha baru di Kabupaten Padanglawas.

"Bantuan peralatan tersebut kita serahkan kepada pelaku usaha baru yang telah memenuhi syarat melalui proses seleksi dengan cermat, disertai dengan pembuktian atau verifikasi di lapangan jenis kegiatan usahanya," kata Zarnawi Pasaribu.

Saat ini, kata Zarnawi, Pemkab Padanglawas terus memberikan perhatian dalam bentuk bantuan kepada pelaku wirausaha baru selama pandemi Covid-19, baik bantuan modal kerja, bantuan peralatan usaha maupun pelatihan peningkatan kapasitas pengembangan usaha.

Diharapkan, bantuan ini  dapat membantu alat kerja dari usaha yang sudah berjalan untuk lebih meningkatkan pendapatan dan meringankan beban para pelaku usaha.

"Melalui bantuan peralatan ini bisa meringankan beban karena tidak maksimalnya usaha yang dijalankan selama pandemi Covid -19 saat ini," tandasnya.

Salah seorang pelaku wirausaha bermarga Pulungan mengatakan, bantuan tersebut sangat membantu untuk kelancaran dalam menjalankan usaha yang baru digeluti untuk dikembangkan.

"Kami sebagai pelaku wirausaha baru sangat membutuhkan peralatan untuk mendukung usaha yang saat ini sedang berjalan," tuturnya.

Turut hadir pada penyerahan peralatan ini, Kepala Inspektorat Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP MSi dan Kadis Naker, Ratna Dewi Harahap serta Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja,Ali Azmi Lubis SSos.