PALAS - Seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Padanglawas (Palas) mengikuti pemberian vaksin dosis ketiga untuk jenis vaksin moderna. Pelaksanaaan vaksinasi ini bertempat di kantor Dinas Kesehatan Palas dan RSUD Sibuhuan, selama dua hari 23-24 September 2021.

"Sudah 413 tenaga kesehatan yang menerima suntikan dosis ketiga jenis moderna di lingkungan kerja Puskesmas, RSUD Sibuhuan dan Dinkes Palas," kata Plt Kepala Dinas kabupaten Palas, dr.Ummi Sahara Matondang, Jumat (24/9/2021).

Dikatakannya, vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasyankes di lingkungan kerja Dinkes sebanyak 52 orang.

Ia berharap, tenaga kesehatan terus aktif mendukung program pemerintah untuk mensukseskan vaksinasi di tengah masyarakat dalam upaya membentuk herd immunity dan disiplin menerapkan prokes sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tenaga kesehatan sebagai garda terdepan untuk pengabdian kemanusian harus tetap menjaga kesehatan untuk pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat ditengah situasi pandemi Covid -19 saat ini, imbau Ummi.

Ditempat terpisah, Kepala Puskesmas Sibuhuan, Nurhalimah Hasibuan menjelaskan, penerima vaksin jenis moderna ini dikhususkan bagi tenaga kesehatan di lingkungan tugas puskesmas dan RSUD Sibuhuan serta Dinkes.

Nurhalimah menambahkan, vaksinasi ketiga khusus tenaga kesehatan (Nakes) dilaksanakan 3 gelombang. Dengan rincian, gelombang I, 22 September 2021, helombang II: 29 September 2021 serta gelombang III: 6 Oktober 2021. 

"Untuk vaksin ke I dan II tenaga nakes menerima suntikan vaksin jenis Sinovac dan dosis ketiga ini jenis moderna. Kegiatan dilaksanakan di dua titik  lokasi yaitu Kantor Dinas Kesehatan Palas dan RSUD Sibuhuan," tukasnya.