SERGAI - Regal Springs Indonesia (RSI), PT Aquafarm bersama Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Serdang Bedagai menyerahkan bantuan ribuan bibit ikan nila kepada UMKM budidaya ikan di Kolam Dewan UKM Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban, Sergai, Selasa (21/9/2021).

Dalam penyerahan bantuan bibit ikan ini, dihadiri Bupati Sergai H Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Kasat Lantas AKP Agung Basuni, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sergai, Sri Wahyuni Pancasilawati, Perwakilan RSI PT Aquafarm, Syarial, Ketua Dewan UKM, Budi SE MM, Camat Sei Bamban, Richard Humisar Parulian Nainggolan, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan seluruh Kelompok UMKM di Sei Bamban.

Darma Wijaya mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintahan di tengah - tengah rakyat, PT Aquafram itu memberikan CSRnya untuk para UMKM khususnya UMKM perternak ikan.

"Kami mendoakan untuk Aquafram, supaya apa yang dikerjakan Aquafram selama ini kita lihat, banyak hambatan hambatan terutama dengan Danau Toba, kerambanya yang dilakukan pengeseran ke tempat yang lain," ujar Darma Wijaya.

"Jangan putus asa, jangan terus hijrah, karena kami masih butuh Aquafarm untuk tetap disini. Karena Aquafarm adalah salah satu perusahaan yang membuka lapangan kerja untuk kabupaten Serdang Bedagai yang hampir 3000 jumlah pekerja, kalau bisa bertambah lagi",sambungnya.

Senada juga dikatakan Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Sri Wahyuni Pancasilawati, menurutnya bantuan yang diberikan berupa CSR Aquafarm ini berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

"Terima kasih kepada bapak Bupati dan bapak Kapolres Sergai yang menjalin hubungan kerjasamanya dengan baik kepada perusahaan Aquafarm. Sehingga setiap tahunnya PT Aquafarm memberikan bantuan kepada para UMKM Budidaya ikan yang ada di Serdang Bedagai," ujar Sri Wahyuni.

Sebelumnya, Ketua Dewan UKM Kabupaten Serdang Bedagai, Budi SE, MM menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan kerjasama dengan CSRnya yang didapat dari PT Aquafarm.

Menurutnya, budidaya terutama hari ini kita mendapatkan bibit ikan nila dari PT Aguafram. Selama ini di UMKM di samping bergerak di bagian bidang kuliner dan UKM, kita juga budidaya ikan juga kita perhatikan, juga sudah ada dilakukan pelatihan di kampus.

Disebutkannya, sebanyak 40 UMKM sudah mendaftarkan diri untuk hadir pada acara tersebut, sementara sisanya akan datang esok hari untuk mengambil bantuan bibit ikan nila.

"Rata-rata bantuan untuk para UMKM Budidaya ikan mendapatkan bantuan sebanyak 1000 sampai 2000 bibit ikan nila. Namun secara religitas administrasi kita lengkap, ada tanda terima dan foto lokasi hingga alamat para UMKM," ujarnya.