PADANGSIDIMPUAN - Untuk menekan dan mengendalikan kasus Covid-19 demi mencapai herd imunity, Polres Padangsidimpuan gelar workshop tim relawan vaksinator se-Kota Padangsidimpuan di Aula Daulay-Simorangkir, Kodim 0212/TS, Jalan Imam Bonjol, Kota Padangsidimpuan, Selasa (21/9/2021).

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini SIK MH, dalam arahannya berharap relawan vaksin bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya.

"Kita berharap para relawan vaksinator yang mengikuti workshop bisa menjelaskan kepada masyarakat akan kegunaan vaksin dalam memberikan herd immunity atau ketahanan imun dalam tubuh, sehingga grafik peserta vaksin di Padangsidimpuan terus meningkat," ungkap Kapolres.

Rencananya, sambung Kapolres, vaksin massal dosis pertama dan kedua akan kembali digelar mulai Rabu (22/9/2021) hingga Sabtu (25/9/2021) mendatang. Adapun lokasi yang diambil dalam vaksin massal tersebut yakni di Alaman Bolak dan setiap Kantor Camat di Padangsidimpuan.

"Sedangkan jumlah dosis vaksin yang akan disalurkan yakni sebanyak 3.694 dosis vaksin,” terang Kapolres.

Sementara, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH yang hadir dalam kegiatan itu mengajak para relawan dapat membatu menyukseskan vaksinasi tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengejar target vaksin di kota Padangsidimpuan, dan hingga saat ini kota Padangsidimpuan baru menyalurkan sebanyak 23% vaksinasi, dan semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat mengajak dan membantu masyarakat untuk melaksanakan vaksin," ucap Walikota.

Ia menambahkan, untuk dapat mencapai zona hijau Padangsidimpuan harus mencapai 50% masyarakat yang telah di vaksinasi dosis satu dan dua.

Dalam kesempatan tersebut dia juga mengapresiasi Kapolres dan Dandim atas terselenggaranya kegiatan workshop tim relawan vaksinator tersebut.

Dandim 0212/Tapanuli Selatan (TS), Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, S.I.P., mendukung penuh pelaksanaan workshop dan pelatihan bagi relawan vaksin Polres Padangsidimpuan, dalam rangka upaya mempercepat program vaksinasi Nasional.

Menurutnya, adanya relawan vaksin, maka secara tidak langsung akan mempercepat terciptanya herd immnunity atau kekebalan kelompok.

"Dan bagi masyarakat luas, kami mengimbau untuk segera mengikuti vaksinasi. Karena, saat ini tenaga vaksinator sudah semakin banyak dengan hadirnya relawan vaksin ini," ujar Dandim.

Dandim juga meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. Sebab, walaupun Kota Padangsidimpuan sudah level dua, semua masyarakat harus tetap mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol M. Syahril SH, Kabagsumda Kompol Z.P Matondang, Kepala BPBD Arfan Siregar, Mewakili DPRD Hj Arjunasari Nasution, PJU Polres Padangsidimpuan, Bhayangkari Polres Padangsidimpuan, Nakes Puskesmas Sekota Padangsidimpuan, Mahasiswa Aufa Royhan, Mahasiswa IAIN, Mahasiswa Stikes Darmais, Mahasiswa UGN.