LHOKSEUMAWE - Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi menyalurkan bantuan ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Laskar Tani yang berpusat di Desa Blang Poroh, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara berupa 1 unit mesin pengayak pupuk kompos, LCD proyektor, scren proyektor ukuran 84 x 84 dan speaker portable 1 unit. "Bantuan ini bersifat hibah yang kita berikan ke kelompok P4S Laskar Tani Aceh Utara, soalnya selama ini pembuatan pupuk organik yang diproduksi oleh kelompok Laskar Tani, sangat manual, sehingga dengan bantuan ini bisa meningkatkan volume produksi pupuk organik, " kata Sub Koordinator BPP Jambi Hidayat SE, MM, Senin (20/9/2021). 

Dalam kesempatan itu Hidayat, mengakui baru pertama kali berkunjung ke kelompok P4S Laskar Tani Aceh Utara, dan berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi kelompok Tani di Desa Blang Poroh. 

"Ujung tombak pertanian ada di kelompok - kelompok tani seperti Laskar Tani yang ada di Aceh Utara ini, khusus kebutuhan pupuk organik bisa ditingkatkan, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh petani," katanya. 

Satu hal, urai Hidayat, agar P4S Laskar Tani di Aceh Utara bisa menjadi pusat pelatihan petani di Aceh Utara. "Karena saat ini dibutuhkan peningkatan produktivitas hasil pertanian, khususnya di Aceh Utara," kata Hidayat. 

Sementara itu Ketua P4S Laskar Tani Aceh Utara Taufik Helmi, merasa bersyukur, dengan bantuan mesin pengayak pupuk kompos dari awalnya 1 ton per hari, sekarang bisa mencapai 3 ton per hari. 

"Produksi pupuk organik yang kami beri nama Hanasa, produksinya meningkatkan, biasanya produksi yang dilakukan secara manual hanya 1 ton per hari, sekarang mencapai 3 ton per hari," jelasnya. 

Kunjungan BPP Jambi juga dibarengi kunjungan dari tim Fakultas Teknik Unimal sekaligus melakukan FGD di lokasi pembuatan pupuk organik Desa Blang Poroh, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.