PALAS - Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan beserta jajarannya ikuti bimbingan teknis (Bimtek) secara virtual dari Kemenkumham yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut,Drs.Imam Suyudi Bc IP SH MH. Diinstruksikan, apas atau rutan perlu antisipasi menjaga keamanan dan ketertiban khususnya yang ditimbulkan akibat kosleting listrik.

Hal ini dalam rangka antisipasi penertiban instalasi listrik untuk mencegah insiden kebakaran seperti Lapas Klas I Tangerang yang diduga karena arus pendek listrik, tidak terulang kembali.

Salah satu point penting bimbingan teknis yang disampaikan Kakanwil Kemenenterian Hukum dan HAM Sumut agar rutan meningkatkan waspada penggunaan alat elektronik serta memeriksa kondisi kelistrikan.

Mendapat bimbingan tersebut, Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Bahtiar  Sitepu SH MH didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH dan KPR P Tarihoran SH menjelaskan, pihak telah menjalin kerjasama dengan ULP PLN Sibuhuan untuk pemeriksaan jaringan listrik di rutan.

Selain itu, kata Bahtiar pihak rutan juga telah memeriksa dan memastikan alat pemadam api ringan dalam kondisi siap pakai dan paham tata cara pemakaiannya.

"Pihak Rutan Sibuhuan telah melakukan pembenahan jaringan listrik kerjasama dengan PLN dan alat mengandung unsur listrik dan api dipastikan aman," terang Bahriar memberikan penjelasan saat mengikuti bimbingan teknis secara virtual, Minggu (19/9/2021).

Bahtiar menambahkan, pemeriksaan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) secara rutin dilakukan pengecekan oleh petugas keamanan rutan.

Selanjutnya pihak Rutan Sibuhuan, telah melakukan deteksi dini pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban dengan kegiatan sidak setiap kamar hunian secara berkala.

Petugas keamanan dijajaran Rutan Sibuhuan secara rutin melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan melakukan kontrol keliling kamar hunian untuk melakukan tindakan cepat apabila terjadi sesuatu sebagai langkah antisipaai, ucap Bahtiar diakhir kegiatan bimbingan teknis.