PALAS - Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di lokasi Desa Rao-Rao Dolok, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas) sudah rampung dibangun. Pembangunan SPAM program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat sudah bisa dimanfaatkan warga sekitarnya untuk kebutuhan air bersih.

Saat ini akan dilakukan serah terima dengan melibatkan pemerintah desa dan tokoh masyarakat serta kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) Al Abror Pamsimas tingkat Desa yang diketuai Zuhri Yusron Lubis.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Palas, Rony Saipul MM mengatakan tim telah turun ke lokasi sarana reservoir yang telah selesai dibangun dan akan dilakukan uji fungsi program, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya, katanya tim gabungan akan melakukan pengecekan menara air termasuk sarana cuci tangan sekolah, perpipaan serta sambungan rumah.

Sebelumnya Kabid Permukiman Disperkimhub, Herman Hasibuan mengatakan pembangunan sarana Pamsimas telah rampung tepat waktu sesuai target penjanjian.

Ia berharap warga Desa Rao-Rao Dolok menjaga, merawat serta memelihara dengan baik bantuan pemerintah ini untuk kebutuhan air bersih untuk keperluan air minum dan lainnya.

"Pembangunan Pamsimas ini kolaborasi kerjasama pemerintah desa dan masyarakat untuk terwujudnya bangunan sarana air bersih untuk penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat," katanya.

Kata Herman, program Pamsimas ini untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat dan infrastruktur desa yang bermanfaat untuk warga.

"Dengan adanya sarana Pamsimas ini,kebutuhan air bersih melalui sarana ini akan dapat terpenuhui yang memberi manfaat bagi masyarakat desa sekitarnya," pungkasnya.

Bangun Pamsimas program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakaat telah rampung dan bisa dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga desa.