PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) prioritaskan peserta yang sedang mengandung untuk mengikuti test ujian SKD terlebih dulu dari peserta lainnya.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Palas, Arpan Nasution SSos yang juga Sekdakab Palas.

"Bagi peserta test ujian SKD yang sedang mengandung lebih dulu mengikuti seleksi ujian karena kondisi kesehatan dan lainnya," katanya.

Kebijakan ini diambil, kata Sekda, guna mengantisipasi berbagai hal yang terjadi terhadap peserta yang sedang mengandung saat mengikuti seleksi ujian SKD karena diwajibkan memakai masker sesuai aturan prokes.

Salah satu diantar peserta yang sedang mengandung Diana Alam Sari Nasution(30) sedang hamil 8 bulan mengikuti test ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) di Gedung Olah Raga (GOR), Jalan Pendidikan, Kabupaten Padanglawas, Rabu(15/9/2021).

Diana mengaku berdomisili di Kecamatan Barumun Tengah dalam kondisi mengandung harus ikut test ujian CPNS dilingkungan pemerintah Kabupaten Palas karena dinyatakan lolos veridikasi berkas dan berhak mengikuti sebagai peserta penjaringan peneeimaan CPNS formasi Tahun 2021.

Ia menuturkan, berangkat dari rumahnya pukul 07.00 Wib dengan mengendarai sepeda motor dengan kondisi perut sedang mengandung. Hal itu dilakukannya demi mengejar cita citanya jadi seorang abdi negara atau CPNS.

"Saya ikut seleksi CPNS ini ingin mengembangkan karier,karena saat ini masih kerja di swasta semoga ini rezeki sijabang bayi berhasil lolos jadi abdi negera dilingkungan pemerintah," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Diana mengaku telah mempersiapkan diri untuk menghadapi test CPNS. Hal itu dilakukannya dengan terus belajar dengan membaca buku panduan ujian agar bisa diikuti dengan baik.

Kaban BKPSDM Palas, Adi Putra Halomoan Hasibuan SSi MSi melalui Kabid Kepegawaian dan Penilaian Kinerja PNS, Yusnita Marito, SSos mengatakan, alasan memberikan prioritas kepada ibu sedang mengandung mengikuti test CPNS karena faktor kesehatan dan lainnya sehingga diberikan kesempatan lebih dulu dari peserta lainnya.

"Seleksi ujian test CPNS menggunakan Sistim Computer Assisted Tes (CAT) menguji kemampuan peserta dengan sistim lebih transparan," tandasnya.