LEBIH dari sekadar musik, JOOX merupakan social and entertainment discovery platform memungkinkan para pengguna untuk menemukan segala hal baru, mulai dari musik, teman, hingga pengalaman baru. Dengan menghadirkan fitur terbaru JOOX ROOMS sebagai tempat berkumpul virtual yang menyenangkan, JOOX berupaya menjadi wadah kolaborasi yang dapat menghubungkan setiap insan kreatif untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Hadirnya JOOX ROOMS menguatkan brand positioning JOOX lebih dari musik, dan menjadi Social and Entertainment Discovery Platform yang memungkinkan pengguna menemukan berbagai keseruan baru, mulai dari musik, teman, hingga pengalaman baru secara daring. Evolusi JOOX ini memperluas target pengguna JOOX, bukan hanya penikmat musik, tapi juga komunitas dan pembuat konten kreatif.

"Dalam berinovasi, JOOX selalu mendengarkan feedback dari pengguna dan mengedepankan aspirasi mereka, sehingga beragam fitur terbaru yang JOOX luncurkan dapat relevan. Lebih dari 5 tahun lalu, JOOX hadir di Indonesia sebagai platform streaming musik digital. Sejak saat itu, kami terus berevolusi untuk memenuhi kebutuhan hiburan pengguna. Sekarang dengan peluncuran ROOMS dan Buzz, JOOX berupaya untuk menjadi Social & Entertainment Discovery Platform yang memungkinkan pengguna menemukan dan menikmati keseruan berinteraksi sambil mendengarkan musik," ungkap Peter May - Head of JOOX Indonesia belum lama ini dalam virtual konferensi pers dengan wartawan.

Peter May menjelaskan, fitur ROOMS dan Buzz dihadirkan karena JOOX melihat adanya peningkatan kebutuhan pengguna internet untuk dapat menikmati hiburan kapanpun dan di manapun.

"Melihat situasi sekarang ini, JOOX menyediakan platform di mana pengguna dapat bertemu dengan teman dan keluarga melalui percakapan grup audio dan video, sambil menginspirasi banyak orang. Fitur ROOMS dan Buzz mendukung posisi JOOX dan membuktikan bahwa JOOX lebih dari sekadar platform untuk mendengarkan musik. Dengan kehadiran ROOMS dan Buzz, JOOX juga semakin memperluas target audiens, termasuk komunitas kreatif dan content creator," paparnya.

Tak hanya itu, JOOX juga memungkinkan user dapat menemukan hal baru dan membangun komunitas, dengan tetap menghadirkan musik terbaik dan relevan.

"JOOX dan fitur interaktifnya dapat dipercaya menjadi platform yang menghubungkan individu kreatif untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Ke depannya, JOOX berupaya untuk berkolaborasi tidak hanya dengan artis dan musisi, tetapi juga dengan para komunitas, kreator dan pengguna untuk mendukung ekosistem industri kreatif Indonesia, serta menghadirkan konten inspiratif yang relevan dengan kebutuhan pengguna, kapanpun dan di manapun," tandasnya.

Sementara itu, Yuanita Agata selaku Head of Marketing JOOX Indonesia mengungkapkan, penggunaan media sosial saat ini lebih dari sekadar bersosialisasi, namun untuk berbagi informasi, konten hiburan, serta untuk menemukan dan ditemukan oleh teman maupun komunitas baru.

"Fenomena inilah yang menginspirasi kami untuk menghadirkan fitur terbaru JOOX ROOMS, ruang berkumpul virtual yang memungkinkan kita untuk menemukan berbagai hal baru, mulai dari musik, teman, hingga pengalaman baru. Dengan adanya fitur ROOMS ini, memperkuat komitmen kami untuk mendukung industri kreatif Indonesia dengan menyediakan platform kolaboratif bagi para penikmat musik, musisi, komunitas, serta pembuat konten kreatif,” ujar Yuanita.

Di JOOX ROOMS, sambung Yuanita, pengguna bisa seru-seruan membicarakan banyak hal yang mereka sukai, mulai dari hobi, pekerjaan, tren terkini, serta pengalaman hidup yang menyenangkan dan menginspirasi lainnya.

"Obrolan tersebut akan terasa nyata dan dekat karena pengguna dapat memilih untuk mengobrol dengan menggunakan audio, video atau chat. Pengalaman berkumpul virtual tersebut pun akan semakin menyenangkan dengan ditemani lagu favorit yang dapat diputar dan di-request dari lebih 40 juta koleksi lagu di JOOX. JOOX ROOMS memungkinkan pengguna untuk terhubung langsung dengan 27 pembicara dan berkumpul dengan lebih dari 15.000 orang di waktu bersamaan," bebernya.

Selain itu, ROOMS Management juga merupakan fitur yang memudahkan pengguna mengatur sesi ROOMS. Di ROOMS Management terdapat fitur hand over host authority dimana Host dapat menyerahkan kontrol kepada partisipan lain sesudah mendapat konfirmasi.

"Host dapat memilih partisipan lain menjadi co-host yang dapat membantu host untuk mengatur ROOM. ROOMS juga dilengkapi dengan Super Admin yang fungsinya seperti tim keamanan 24 jam demi memastikan lingkungan ROOMS kondusif. Super admin dapat menutup ROOM yang tidak efektif atau yang melanggar peraturan konten di JOOX ROOMS," urainya.

Pada mode Zoom-in, Yuanita mengungkapkan, memungkinkan host untuk memilih partisipan mana pun (termasuk dirinya sendiri) untuk masuk ke dalam mode zoom-in.

"Sejak dua bulan terakhir ROOMS digunakan oleh pengguna JOOX Indonesia, ada sejumlah poin terkait user habit fitur ini yang cukup unik. Karena base JOOX adalah musik, ROOM yang membahas musik menjadi ROOM yang paling sering ramai. Kemarin bahkan ada fanbase gathering yang diisi oleh 11.000 orang," jelasnya.

Di versi terbaru, kata Yuanita, JOOX meluncurkan FANDOM ROOMS. FANDOM ROOMS merupakan ROOMS yang berbeda dengan ROOM reguler, karena FANDOM ROOMS itu akan selalu ada di JOOX dan bisa diakses oleh semua pengguna kapan saja. FANDOM ROOMS tidak akan hilang walau host menyudahi diskusi.

Selain host, di FANDOM ROOMS juga akan ada Captain, yakni seseorang yang diberikan ID/wewenang oleh JOOX dan punya otoritas mengundang artis untuk masuk ke FANDOM ROOMS mereka.

"FANDOM ROOMS bisa diibaratkan seperti basecamp-nya para fanbase untuk ngobrol dan bertukar informasi tentang artis idolanya. Bila artis masuk ke FANDOM ROOMS, akan ada notifikasi yang diterima oleh fansnya. Pada tahap awal, akan ada 20 artis yang akan memiliki FANDOM ROOMS yang akan ditentukan oleh tim JOOX. Untuk pemilihan 20 artisnya sendiri, JOOX akan melihat dari followers, IR Rate dan seberapa loyal fanbase mereka," tambahnya kembali.

Mengenai pemilihan Artist of the Month, Yuanita membeberkan, didasarkan dari berbagai aspek, seperti keterlibatan artis dengan pengguna JOOX, jumlah stream lagu, keaktifan musisi memanfaatkan fitur interaktif JOOX, serta faktor eksternal seperti Kontribusi terhadap industri dan masyarakat.

Tak jauh berbeda dengan Yuanita, salah seorang musisi Anneth Delliecia mengaku, sebagai musisi baru, dirinya perlu banyak promosi.

"Karena belum bisa konser, maka kita harus kreatif dan membangun komunitas untuk mendukung karya aku. Jujur aku excited banget, fitur ROOM ini bisa bikin aku lebih dekat. Ini wadah baru yang sangat seru, karena kita bisa lebih dekat dengan pendengar musik, seolah kita bisa ngobrol langsung dan mereka bisa kirim koment atau request lagu," tuturnya.

Tutorial Menggunakan Fitur ROOMS

1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi JOOX yang tersedia di Google Play dan App Store.

2. Buka aplikasi JOOX dan temukan fitur ROOMS di Discover Page atau Halaman Utama JOOX. Jika belum ada, silakan update JOOX kamu ke versi paling baru di Apple Store atau Play Store.

3. Klik “ROOMS” di halaman utama untuk melihat seluruh ROOM yang terbuka untuk umum. Lalu, pilih ROOM yang menarik bagi kamu. Jika ingin menjadi pembicara, klik tombol “Speak”, lalu Host akan memberikan izin dan kamu akan otomatis naik ke atas untuk dapat mengobrol dengan pembicara lain dengan mode audio atau video.

4. Untuk menambah keseruan ngobrol di ROOMS, kamu juga bisa menggunakan berbagai filter dan props yang telah tersedia di ROOMS.

5. Kamu juga bisa ngobrol di ROOM sambil request lagu dengan klik tombol not balok di bagian bawah layar.

6. Jika ingin ngobrol secara privat dengan partisipan lain yang ada di ROOM, kamu dapat klik kolom partisipan untuk lihat siapa saja yang ada di ROOM tersebut, lalu klik nama partisipan yang kamu ingin ajak ngobrol dan tekan tombol “Message”.

7. Terima undangan untuk ROOM pribadi dari teman.

Tutorial untuk menjadi Host dan pengaturannya yang mudah

1. Buat ROOM kamu sendiri dan jadilah Host dengan klik tanda “+”. Host dapat mengontrol topik, playlist, dan pembicara.

2. Host juga dapat mengundang partisipan untuk menjadi pembicara dengan cara klik partisipan, lalu tekan profil partisipan dan klik tombol “Invite to Speak”.

3. ROOMS juga dilengkapi dengan ROOMS Management, fitur pendukung yang memudahkan Host untuk melakukan berbagai pengaturan yang diinginkan, seperti Handover Host Authority untuk menjadikan partisipan lain untuk menjadi Host, pengaturan Co-Host untuk menentukan sampai 3 partisipan untuk membantu kamu menentukan dan remove partisipan untuk menjadi pembicara, dan Move to Front untuk menentukan posisi pembicara tertentu ke bagian paling depan agar mudah dilihat.

Nah, mudah banget kan cara pakai fitur ROOMS? Yuk, langsung aja seru-seruan bareng teman-teman kamu di JOOX ROOMS! Apalagi di masa pandemi ini. JOOX terbukti menjadi pilihan tongkrongan gaul anak muda.

Pengguna tidak hanya dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman sambil menikmati musik dari artis favoritnya kapan pun dan di mana pun, tetapi juga dapat mengakses lebih banyak lagi fitur dan penawaran JOOX yang luar biasa! Jadi, jangan sampai ketinggalan! Unduh aplikasi JOOX melalui seluler atau desktop di Apple App Store dan Google Play Store,
atau kunjungi website JOOX sekarang.