LHOKSEUMAWE – Tokoh masyarakat Desa Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe Tgk. Abdullah, mengaku lega. Pasalnya desa yang dihuni sekitar 300 kepala keluarga yang beberapa dekade lalu menjadi kawasan basis Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan pernah dikepung ribuan aparat TNI, kini sudah terbuka. Apalagi setelah Satgas TMMD ke 112 Kodim 0103 Aceh Utara membuka akses jalan usaha tani sepanjang 1.656 meter x 4 meter.

"Kami merasa bersyukur sekarang apalagi jalan usaha tani sepanjang 1.656 meter x 4 meter mulai dibangun oleh Satgas TMMD ke – 112 Kodim 0103 Aceh Utara, hal ini menambah memudahkan bagi petani untuk mengangkut hasil pertanian, soalnya di desa kami sekitar 99 % warganya adalah petani," ungkapnya, Rabu (15/9).

Hanya saja, tambahnya, ada area potensial untuk pengembangan tanaman padi bagi warga masyarakat, namun tidak memiliki jaringan irigasi.

"Alhasil masyarakat jika hendak turun sawah hanya mengandalkan air tadah hujan. Khusus di Cot Trieng ada sekitar 6.000 hektar lahan yang berpotensi untuk dibangun persawahan, namun enggak ada irigasi," katanya.

Selama ini, kata Tgk Abdullah petani padi di Cot Trieng disamping berharap turun hujan juga memanfaatkan parit yang ada.

"Caranya dengan disedot menggunakan mesin untuk mengairi sawah, namun jika parit kering terpaksa penanaman padi dihentikan," katanya.

Sehingga hamparan sawah yang begitu luas, tampak semak belukar. Karena tidak ada tanaman, disebabkan terkendala irigasi

Sementara itu Camat Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe Ilyas SSos, mengakui Desa Cot Trieng sangat potensial untuk pengembangan kawasan pertanian untuk wilayah Kota Lhokseumawe, soalnya masih memiliki lahan kosong cukup luas.

“Lahan di Desa Cot Trieng masih cukup luas, namun warga masyarakat terkendala oleh saluran irigasi, selain padi, warga juga bertani berbagai jenis tanaman holtikultura. Dan Alhamdullilah sekarang program TMMD ke – 112 Kodim 0103 Aceh Utara ditempatkan di Desa Cot Trieng, bisa memotivasi warga masyarakat untuk meningkatkan hasil pertaniannya, apalagi jalan usaha tani juga dibangun," tuturnya.