LABURA - Sekelompok anak-anak memanjat pohon demi mendapat signal internet menjadi viral di Labuhanbatu Utara Sumatera Utara, Selasa (14/9/21). Kejadian yang memiliki resiko sangat membahayakan ini berawal dari postingan Labura Ku. Disebutkan bahwa potret anak-anak Dusun 7 Desa Hasang Kecamatan Kualuh Selatan yang berusaha mengakses internet.

"Lokasi kampung yang jauh dari kota membuat akses internet hanya ada di atas pohon. Namun mereka tetap berusaha, mulai untuk akses belajar daring, googling, sosmed, hingga main game online," tulis admin Labura Ku salah satu akun medsos yang memiliki pengikut sebanyak 34.654 ini.

Lanjut admin Labura Ku bertanya, "Ada yang tahu kenapa mereka pake sarung begitu???. Hehehe, karena mereka main HP di luar ruangan kontras cahaya HP tentu kalah sama matahari, makanya mereka tutup pake sarung biar lebih gelap dan cahaya layar HP bisa kebaca. Ini terjadi di Dusun Pangunjungan, Desa Hasang, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut). Desa ini berbatasan dengan hutan Bukit Barisan yang masuk wilayah Kabupaten Toba," tulisnya. 

Sementara itu Kepala Desa Hasang, Mansur membenarkan di beberapa dusun di Desa Hasang sangat sulit untuk mendapatkan sinyal internet.

"Memang ditempat kami sangat sulit untuk mendapatkan sinyal internet, semoga semua pihak dapat bergandengan tangan agar masalah ini di atasi" ujar Mansur.

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah Pemkab Labuhanbatu Utara, Muhammad Suib mengatakan akan mengecek lokasi yang sulit sinyal di Labura dan akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Kita akan cek dan akan berusaha disemua desa di Labura dapat di akses internet kalaupun ada seperti yang viral di medsos maka kita akan koordinasikan dengan dinas terkait," sebut Suib.