PALAS - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD)
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padanglawas (Palas) mengajak mahasiswa meningkatkan kualitasnya serta ikut berperan dalam pembangunan daerah untuk kemajuan.

Hal itu disampaikan Ketua DPD KNPI Palas, Irham Habibi Harahap MPd, saat menjadi pembicara dalam pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAI-BR) Sibuhuan priode 2021-2022, Sabtu (11/9/2021).

Menurut Irham, mahasiswa harus paham dan mengerti tentang makna dari kepemimpinan. Sebab mahasiswa akan menjadi generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan baik ditingkat daerah dan provinsi bahkan ditingkat nasional.

"Mahasiswa sebagai cikal bakal penerus bangsa di masa depan harus mempunyai karakter yang berwawasan luas, mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah dan berani bertanggung jawab apabila diberi tanggung jawab," ujar Irham di hadapan mahasiswa.

Kata Irham, banyak teori-teori kepemimpinan yang menjelaskan bahwa leader are born, not made atau yang dikenal teori genetik, teori leader are made not born (teori sosial) dan leader are talent (gabungan dari teori genetik dan sosial).  

Dengan begitu, kata Irham, mahasiswa harus terus belajar secara maksimal agar kelak menjadi pemimpin yang tangguh dan hebat yang mencerminkan seorang pemimpin yang amanah dan berwawasan luas yang memiliki skill jiwa kepemimpinan.

Di samping itu, Irham berharap kepada Ketua Dema STAI-BR Sibuhuan, Arifin Bakti terus membangun sinergi dengan semua pihak sebagai bentuk menjalin kerjasama dan membangun komunikasi yang baik agar peran mahasiswa bersama pemuda dikabupaten Palas ini dapat berjalan dengan baik dalam peran mengisi kemajuan pembangunan daerah yang lebih maju dan sejahtera, harapnya.

Ia juga mengingatkan kepada Ketua Dema STAI-BR Sibuhuan, untuk selalu menghargai dan memberi kesan yang baik kepada setiap narasumber yang diundang untuk memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk ucapan terima kasih dari mahasiswa, tutup Irham.