PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar pemilihan ketua OSIM masa bakti 2021 - 2022. Pemilihan secara demokrasi tersebut dilaksanakan di halaman madrasah tersebut, Senin (6/9/2021).

Dua calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang maju dalam ajang pemilihan tersebut antara lain, Yuliani Nasution, Calon Ketua OSIM dan Wakilnya, Sakinah Piliang diusung oleh Ekstrakurikuler Seksi Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Sementara, rivalnya Akmal Rifai Hasibuan, Calon Ketua Osim dan Wakilnya Indra Mulhim Hidayat Nasution, diusung oleh anggota Pramuka.

Sebelum pemilihan digelar, kedua kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang maju di pemilihan terlebih dulu mengikuti proses debat calon.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset dibuka secara langsung oleh Kakan Kamenag Palas H Abdul Manan.MA.

Diharapkan, pemilihan ini berlangsung tertib dan demokrasi yang menghasilkan keputusan untuk menentukan pilihan yang tepat kepada kedua calon kandidat yang maju di pemilihan ini.

"Siapapun yang terpilih nantinya, itulah yang terbaik untuk mendudiki posisi Ketua dan Wakil Ketua OSIM untuk masa bakti 2021-2022," kata Kamenag Palas.

Sementara, Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution S.Pd.MA mengatakan sebelum pemilihan dilaksanakan debat calon kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang diikuti dua pasangan calon.

Tujuan pemilihan OSIM ini untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan tentang tata cara pemilu bagi para siswa seperti pelaksanaan pemilihan OSIM ini.

"Apresiasi kepada panitia untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset sebagai kegiatan memberikan pembelajaran berdemokrasi kepada siswa," ujarnya.

Sebelum pemilihan, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan yang juga Ketua Panitia, Sahut Martua Lubis.S.Ag menjelaskan, syarat untuk maju sebagai kandidat OSIM harus membawa surat rekomondasi dari seksi ekstrakulikuler yang mengusungnya.

"Ditambah surat keterangan dari guru BK bagi pasangan yang akan mencalon bahwa tidak dalam bermasalah di madrasah serta surat rekomendasi dari wali kelas kesiswaan dan kepala madrasah," terangnya.

Selanjutnya, kata Saut, panitia bisa memproses berkasnya sampai proses penentuan nomor urut pasangan calon yang maju dalam pemilihan OSIM.

Turut hadir Kemenag Palas, H.Abdul Manan.MA dan Kasi Penyelenggara Syariah sekaligus bertindak sebagai finalis dalam debat kandidat yang disaksikan seluruh siswa.

Di tempat terpisah, Ketua OSIM yang lama, Sobri berharap semoga proses demokrasi pemilihan ini bisa menambah wawasan kebangsaan tentang berdemokrasi di kalangan siswa.