PADANGSIDIMPUAN - Sekolah Dasar Negeri 200102 di Kelurahan Wek I, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, tidak menganjurkan apalagi memaksa orangtua siswa membeli seragam baru. Kepala Sekolah Dasar Negeri 200102, Syahriadi Siregar meminta kepada guru di sekolahnya agar memberi masukan kepada orangtua siswa agar tidak memaksakan diri membeli seragam baru.

“Siswa bebas tak pakai seragam, karena situasi dan kondisinya tidak senormal sebelumnya, termasuk soal seragam sekolah,” tutur Syahriadi kepada Gosumut, Sabtu (4/9/2021).

Sikap bijak pihak sekolah terhadap pemakaian seragam bukan tanpa alasan, menjelang PTM (Pembelajaran tatap muka) ini, hampir 2 tahun siswa tidak memakai seragam tentunya banyak terjadi kejadian pakaian seragam sudah tidak muat lagi dipakai siswa, seperti karena kekecilan pada badan, bagian tangan dan juga celananya sudah kependekan.

“Besar kemungkinan keluhan soal seragam ini dialami orangtua siswa, ada yang mampu beli seragam baru, tapi mungkin ada juga yang kurang mampu karena terdampak pandemi Covid-19,” tuturnya.

“Saya juga mengingatkan kepada guru kelas, agar tidak menegur siswa yang tidak memakai seragam sekolah, yang terpenting siswa masuk kelas untuk belajar dan tetap menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.