HUMBAHAS - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Luhut saat meninjau pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) Rabu (1/9/2021).

Disebutkannya, TSTH dilaksanakan berbagai universitas ternama mulai dari Institut Teknologi Del, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Pertanian Bogor.

"Kita lihat tadi sudah (proses) masuk land clearing, persiapannya sudah kita lihat bagus," kata Luhut.

Ia pun menargetkan Oktober akhir atau November sudah memasuki proses groundbreaking pembangunan TSTH. Apabila program TSTH berhasil, Sumut akan menjadi percontohan tempat pengembangan tanaman herbal. "Semua sudah bagus, kalau pertanian ini nanti jalan, akan di copy tempat lain, " ungkap Luhut.

Sementara Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang mendampingi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan TSTH di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), mendukung pengembangan tanaman herbal tersebut.

Menurutnya tanaman herbal sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Selain manfaat kesehatan, manfaat ekonomi juga akan didapatkan masyarakat, apabila pengembangan herbal tersebut berhasil.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/BB Didied Pramudito, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.