PADANGSIDIMPUAN - Layanan Bus Samsat Keliling UPT PPD Padangsidimpuan, dilaunching di Kantor Wali Kota Padangsidimpuan, Rabu (1/9/2021).

Kepala UPT PPD Padangsidimpuan Afifuddin menyebutkan bus Samsat keliling ini, akan melayani layanan pengesahan STNK setiap tahun yang dioperasikan di dalam kendaraan dengan metode jemput bola.

Layanan samsat keliling ini sambungnya, bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik khususnya pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, di wilayah kerja UPT PPD Padangsidimpuan.

"Bus samsat keliling ini, memberi kemudahan kepada wajib pajak untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, mendekatkan pelayanan sehingga mengurangi biaya operasional wajib pajak", katanya.

Afif juga melaporkan penerimaan UPT PPD Padangsidimpuan hingga 31 Agustus 2021 telah tercapai 63,2%.

"Kami menyadari bahwa pencapaian target kami masih kurang 3,8 % dari target yang ditetapkan. Dimana potensi UPT PPD Padangsidimpuan sebanyak 67.358 kendaraan yang terbagi dalam 6 kecamatan di wilayah kota Padangsidimpuan," ucapnya.

Untuk diketahui Bus Samsat keliling ini beroperasi sejak Senin hingga Sabtu. Berikut jadwal dan lokasinya :

1. Senin di Alaman Bolak (08.00 - 14.30 WIB)
2. Selasa di Poken Jior (08.00 - 14.30 WIB)
3. Rabu di Terminal Hutaimbaru (08.00 - 14.30 WIB)
4. Kamis di Terminal Batunadua (08.00 - 14.30 WIB)
5. Jumat di Polsek Sidakkal (08.00 - 12.00 WIB)
6. Sabtu di Pulo Bauk (08.00 - 13.00 WIB)

Sementara Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengharapkan kehadiran launching bus Samsat keliling di tengah-tengah masyarakat, kesadaran warga membayar pajak kenderaan bermotor semakin meningkat.

Ia menyebutkan, Pemko Padangsidimpuan juga siap bekerja sama.

"Kalau ada wajib pajak kita yang menunggak pajak kenderaan bermotor, butuh koordinasi sampai di tingkat kepala lingkungan nanti Pak Sekda tolong buatkan surat edarannya. Karena Pendapatan Pajak Kenderaan Bermotor ini tentu akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi hasil yang kita terima dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," tuturnya.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Provinsi Sumatera Utara Ahmad Fadli, menyampaikan inovasi pelayanan nantinya bukan hanya pada bus keliling. Sebab dalam waktu dekat bersama Dirlantas akan launching pelayanan melalui e-Samsat Sumut Bermartabat yang tersedia di platform Android dan IOS.

"Artinya, bagi kita yang mempunyai smartphone dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi itu (e-Samsat) sehingga akan mempermudah masyarakat," ujarnya.

Hadir dalam launching samsat keliling tersebut, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, Para Asisten, Pimpinan OPD, Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja.