MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membuka pencanangan dan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil yang digelar di RS USU Medan, Rabu (1/9/2021).


Di Provinsi Sumut sendiri, sebanyak 137.963 ibu hamil, namun yang memenuhi syarat vaksinasi Covid-19 yaitu usia kehamilan minimal 14 minggu adalah 72.907 orang.

"Diharapkan dengan pencanangan vaksinasi ini, seluruh kabupaten/kota akan memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil," kata Ketua Panitia Pelaksana Pencanangan dan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil Sumut Prof Dr dr Sarma Nursani Lumbanraja MKed (OG) SpOG (K) di RS USU, Rabu (1/9/2021).

Ia mengatakan pencanangan ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Sumut. Namun yang bersama-sama melakukan pencanangan vaksinasi sekarang hanya empat kabupaten/kota yaitu Asahan, Simalungun, Labuhanbatu, Pematangsiantar. "Untuk hari ini telah terdaftar 70 orang ibu hamil yang akan dilakukan vaksinasi dari Kota Medan," ujarnya.

Pencanangan dan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil Provinsi Sumut ini kerjasama dengan berbagai pihak antara lain POGI Sumut, Salim Group, Pemprov Sumut, Dinkes Sumut, Dinkes Medan, USU, RS USU, IBI Sumut, Dinas Kominfo Sumut dan lainnya.

Sebelumnya, pada Juli 2021, pengurus pusat Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah mengeluarkan rekomendasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Kemudian, Kementerian Kesehatan RI pada 2 Agustus 2021, telah mengizinkan pemberian vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. (*)