SERGAI - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak terus mendukung program Swasembada pangan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.


"Kami Polda Sumut terus mendukung Program Swasembada Pangan di Kabupaten Sergai," ucap Kapolda Sumut diwakili Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi saat menghadiri panen padi perdana di sawah baru di Dusun I Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebingtinggi, Sergai, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, Kabupaten Serdang Bedagai bisa menjadi lumbung padi terbesar di Sumut. "Kami dari Polda Sumut sangat mengapresiasi pembukaan lahan sawah baru untuk menambah kebutuhan pangan di Sergai. Kiranya pembukaan lahan sawah baru ini dapat terus berjalan untuk menghasilkan padi dengan baik," tutup Armia Fahmi.

Sementara itu, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan, lahan sawah terus berkurang karena adanya jalan tol dan perkebunan sawit.

"Kami terus melakukan cetak lahan sawah baru di Kabupaten Sergai," ujar Darma Wijaya.

Minggu depan, sambung Bupati, ada bantuan alat berat dari provinsi untuk Kabupaten Sergai guna untuk mencetak lahan sawah baru.

"Kedepan kami upayakan akan menjadikan hasil panen menjadi 10 Ton. Dan Kami ucapkan juga kepada Dinas Provinsi yang mendukung persawahan kami di Sergai," pungkas Darma Wijaya.

Hal serupa dikatakan Danrem 022 PT, Kolonel Inf. Parlindungan Hutagalung. Kiranya kedepan harus diteruskan dan menjadi lumbung padi terbesar di Sumut. "Semoga kita dapat bersama-sama mendukung program ini," katanya.

Kegiatan ini diwarnai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Sergai. Pemberian bantuan hand traktor dan bibit padi dari Pemerintah Pusat.*

Turut hadir Pangdam I BB diwakili Danrem 022 PT Kolonel Inf.Parlindungan Hutagalung, Danbrigif 7/RR Kolonel Inf M. Faizal Nasution, Dinas Provinsi Sumut, Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Ketua DPRD Sergai/mewakili, Dandim 0204 DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara.

Sementara, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso, Ketua MUI Kabupaten Sergai H. Tamlih Nasution dan para OPD Pemkab Sergai, Para Camat se Kabupaten Sergai.