TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM. mengatakan tugas kepala desa (Kades) dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan semakin berat. Karenanya, seorang kades harus berjiwa melayani, bukan malah dilayani masyarakat.

"Sebagai kepala pemerintahan di desa, kades yang baik itu menguasai tupoksi secara baik dalam menjalani tugas," ujar Dolly pada pelantikan dua kades pergantian antar waktu (PAW) di ruang lobi Kantor Bupati Tapsel, Senin (30/8/2021).

Kemudian lanjut Dolly, para Kades diminta untuk terus belajar, menguasi perundang-undangan, dan tugas pokok sehingga diharapkan mampu memimpin rakyatnya. Selain itu kades juga harus menguasai data terkait potensi yang dimiliki di desa, baik peluang, hambatan maupun tantangan.

Dolly juga menjelaskan, kades harus memegang peranan penting dalam pemerintahan sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah atasan.

Disamping itu, Dolly berharap para Kades lebih peka terhadap segala persoalan sosial di wilayah masing-masing. Kades juga harus jadi orang pertama yang paling tahu persoalan di desa. Maka dari itu, Kades harus dapat menjadi fasilitator bagi persoalan warga.

"Minimal, kades melapor ke dinas terkait jika ada suatu persoalan yang dianggap sangat-sangat penting, atau dapat melapor langsung ke saya," jelas Dolly.

Sebagai informasi, pelantikan dua Kades PAW tersebut berdasarkan SK Bupati Nomor : 188.45/543/kpts/2021 tanggal 23 Agustus 2021. Adapun yang dilantik, Musfa Gani Hasibuan sebagai Kades PAW Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan dan Azwar Anas sebagai Kades PAW Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais.

Setelah penyerahan SK pelantikan kepala desa, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu juga melantik dua Ketua TP PKK Desa Sibongbong dan Desa Sorimanon sekaligus menekankan agar pengurus PKK desa untuk melakukan pembenahan organisasi dan menjalankan tugas-tugasnya dalam memberhasilkan 10 program pokok PKK.