PALAS - Personel Polres Padanglawas terus berkomitmen menekan angka penyebaran Covid 19 dengan mengedukasi warga untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan pendekatan secara humanis. Bentuk komitmen pencegahan penyebaran Covid 19 tersebut dilakukan secara rutin Polres Palas dengan melaksanakan operasi yustisi dan patroli bluelight di kawasan pusat keramaian seperti mini market Indomaret dan Alfamidi serta lokasi lainnya yang dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda.

Pantauan di lapangan, Sabtu (28/8/2021) malam sekira pukul 21.30 sampai pukul 22.30, terlihat personel Polres Palas aktif melaksanakan Patroli Bluelight mengunjungi sejumlah lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan.

Lokasi yang dikunjungi antara lain, Bank BRI Cabang Sibuhuan, Alfamidi dan lokasi pertujukan maupun hiburan yang dianggap rawan sebagai lokasi kerumunan.

Di lokasi Bank BRI Cabang Sibuhuan, tim melakukan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yaitu tetap menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Kemudian di lokasi Alfamidi dan Indomart, tim juga melakukan imbauan kepada masyarakat agar jangan berkerumuan dan disiplin pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sementara itu, salah satu lokasi hiburan yang ada di sekitar Lingkungan VI Pasar Sibuhuan tepatnya di depan Bank BNI, tim gabungan bertindak tegas membubarkan kerumunan warga.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.M.Si melalui Kasat Binmas Iptu Rahmad Saleh Nainggolan ketika ditemui, Minggu (29/8/2021) di Polres Palas menjelaskan giat Patroli Bluelight dan operasi Yustisi merupakan komitmen Kapolres AKBP Indra memberi edukasi agar masyarakat mematuhi Prokes.

Selain mematuhi Prokes, kata Rahmad, masyarakat juga diajak mensukseskan program vaksinasi nasional dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

Menurut Kasat Binmas, ditengah situasi pandemi Covid 19 saat ini perlu sinergitas dan kolaborasi semua pihak untuk memberikan edukasi penerapan Prokes terhadap masyarakat sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

Ia mengimbau, masyarakat agar senantiasa tetap meningkatkan kewaspadaan menjaga kesehatan dan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19 ini.

Rahmad menambahkan, razia yustisi dan patroli Bluelight ini masih rutin dilaksanakan di sejumlah titik yang berpotensi kerumunan. Bahkan, masih ada warga yang tidak memakai masker sehingga diberikan teguran untuk mematuhi prokes.

"Kita melihat masih banyak warga yang ditemukan tidak menjaga jarak minimal 1,5 meter yang duduk ngumpul dan tidak menggunakan masker sebagai pelindung diri dari serangan wabah Covid-19," tambahnya.

Oleh karena itu, sambung dia, Polres Palas telah melakukan imbauan agar tetap menjaga jarak minimal dan disiplin mencuci tangan serta memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.