MEDAN - Meski pandemi Covid 19 masih berlangsung, namun destinasi wisata Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, tetap dibuka untuk publik. Hanya saja, masyarakat diharuskan untuk tetap menerapkan prokes yang telah ditetapkan pemerintah.

Dari pantauan gosumut, Kamis (26/8/2021) siang kemarin, saat mengunjungi langsung Istana Maimun yang berada di Jalan Brigjen Katamso, Medan, terlihat sepi pengunjung.

Sementara itu, sebagai petugas tiket di istana Maimun, Fajri mengatakan, jika saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung sangat berkurang drastis. Dari kisaran 500 lebih pengunjung yang berkunjung, di pandemi ini pengunjung turun drastis hingga di kisaran 200 pengunjung saja.

"Untuk sekarang ini yah, jauh turun banget untuk pengunjungnya. Karena lagi PPKM juga kan, jadi tidak banyak orang yang keluar atau beraktivitas di luar apalagi untuk berwisata," ungkap Fajrih.

Dia juga menjelaskan, pihak Istana Maimun sedikit mengurangi/membatasi kapasitas pengunjung, sedangkan untuk prokes tetap diperketat untuk seluruh pengunjung, tanpa terkecuali.

Sedangkan untuk jam operasionalnya masih tetap sama, mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore.

Selaku wisatawan yang sedang berkunjung di Istana Maimun, Wahyu warga Tanjung Morawa, sangat menyayangkan dengan diadakannya PPKM. Dia menganggap, pemberlakuan PPKM ini sangat merugikan, terlebih dalam hal pariwisata.

"Harapan saya PPKM ini dapat segera berakhir dan kasus Covid-19 semakin menurun, sehingga kegiatan pariwisata itu bisa dinikmati kembali oleh seluruh masyarakat," ujarnya.