PALAS - Dalam rangka mensukseskan program gerakan masyarakat pakai masker (Gempar) serta menekan penularan Covid-19, Wakil Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kapolres, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK M.Si dan unsur Forkopimda Kabupaten Palas membagi-bagikan masker secara gratis kepada warga. Kegiatan ini dipusatkan di titik Jalinsum Sibuhuan - Sosa tepatnya di Depan Polsek Barumun dan pusat Pasar Tradisional Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin (23/8/2021).

Pembagian masker gratis ini dilakukan kepada pedagang di Pusat Pasar Sibuhuan dan warga pengguna jalan yang melintas di Jalinsum.

Wakil Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pencegahan, pengendalian penyebaran virus corona disease atau Covid 19.

"Semua warga tanpa terkecuali baik tua, muda maupun anak-anak mendapat pembagian masker sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan kepolisian terhadap keseshatan masyarakat untuk menjaga diri dari serangan Covid 19," katanya.

Kata Wabup, pihaknya juga tak henti- hentinya memberi imbauan kepada warga yang menerima masker untuk selalu melakukan protokol kesehatan dengan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi.

"Hal ini dilakukan bertujuan guna memutus mata rantai penularan Covid 19 di tengah masyarakat dan membudayakan program Gempar," ujar Zarnawi.

Sebelumnya, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.M.Si mengatakan, pembagian masker ini juga melibatkan Satuan Gugus Tugas (Satgas) Pengendalian Covid 19 Pemkab Palas.

Dia berharap, warga lebih disiplin memakai masker bila beraktivitas diluar rumah guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid 19.

Dipilihnya Pusat Pasar Tradisional Sibuhuan, sambung Kapolres, dikarenakan di dalam pasar tempatnya berkerumunan orang.

"Di lokasi pasar banyak terjadi transaksi antara yang menyediakan barang dengan warga pembeli yang membutuhkan barang, sehingga menjadi skala prioritas untuk penerapan prokes dan disiplin memakai masker dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19," tegas AKBP Indra Yanitra.

Kapolres Palas berharap, masyarakat Kabupaten Palas selalu disiplin mematuhui prokes sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya pencegahan dan menekan angka peningkatan Covid 19 di daerah ini.