PALAS - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas menggelar peringatan Hari Asyura 10 Muharram 1443 H di lapangan madrasah tersebut.


Peringatan Hari Asyura ini dibuka langsung Kamenag Palas, H.Abdul Manan MA di dampingi Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag.

Kemenag H.Abdul Manan mengatakan, kemajuan madrasah tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala madrasah saja, tetapi keterlibatan wakil kepala madrasah juga memiliki andil penting untuk meningkatkan kemajuan.

"Maju mundur keberhasilan madrasah menjadi tanggung jawab bersama dengan semua stakholder yang ada di lingkungan madrasah," katanya, Sabtu(21/8/2021).

Abdul Manan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan keagamaan dilingkungan madrasah dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan Covid 19 di lingkungan madrasah khususnya," pesannya.

Sebelumnya Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag mengatakan kegiatan peringatan Hari Asyura 10 Muharram dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 25 orang.

Selain itu, kata Mahnidar, pemberian bubur Asyura kepada penghuni panti jompo dan panti asuhan, petunjuk stroy telling kisah nabi dan kutbah Jumat oleh OSIM.

Dikatakannya, kegiatan lainnya berupa shalat tasbih berjemaah bersama para siswa dan siswi madrasah.

"Kegiatan ini terselenggara berkat partisipasi pengurus OSIM MTsN 1 Palas yang telah banyak melakukan agenda program," terangnya.

Salah satu rutinitas program OSIM MTsN 1 Palas adalah sedekah Jumat berkah dari para siswa dan dewan guru.

Peringatan ini juga dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah H.Abror.S.Pd,Kasi
Binmas Islam, Ahmad Saidi Hasibuan S.Pdi, Kasi Pendidikan Agama Paraduan Tanjung, Kepala Seksi Haji dan Umroh Marasaib Harahap S.Ag dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf, H.Ahmad Husein Nasution S.Pd.MM dan para Wakil Kepala Madrasah serta Dewan Guru.