PALAS - Personel Tim SAR dari Pos SAR Parapat (Danau Toba) Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padanglawas dibantu Kodim 0212/TS dan Polres Palas melakukan pencarian orang hilang. Korban adalah warga Desa Sihiuk, Kecamatan Lubuk Barumun diketahui bernama Parlaungan Hasibuan (47). Dia sudah tiga hari tidak pulang kerumah diduga hanyut terseret arus Sungai Barumun.

Plt Kabid Kedaruratan BPBD Palas Salvator Indra P. Sitorus ditemui usai melakukan pencarian si aliran Sungai Barumun, Kamis (19/8/2021) mengatakan, hilangnya seorang warga tersebut atas dasar laporan pihak keluarga kepada pemerintah desa dan Kecamatan Lubuk Barumun, bahwa ada warga yang hilang diduga hanyut di Sungai Barumun pada Selasa(17/8/2021) kemarin.

Salvator menjelaskan, pencarian sudah berlangsung sejak Selasa kemarin hingga saat ini di sekitar bantaran dan aliran sungai Barumun, namun belum juga berhasil menemukan keberadaan warga Sihiuk tersebut.

"Upaya kita melakukan pencarian terus dilakukan agar segera menemukan Parlaungan yang dikhabari hilang terbawa arus Sungai Barumun," katanya.

Ia berharap, kepada masyarakat Desa Sihiuk dan desa tetangga lainnya untuk ikut serta membantu pencarian agar segera dapat ditemukan keberadaannya.

Pihaknya dibantu Tim SAR dari Parapat terus melakukan pencarian Parlaungan yang dinyatakan hilang oleh warga Desa Sihiuk.

"Dalam pencarian ini pihak juga dibantu masyarakat bersama pemerintah desa serta pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun," terang Salvator.

Di tempat terpisah, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap di dampingi Sekcam,R.H Adday Robi Harahap mengatakan, Parlaungan diinformasikan hilang sejak Senin (16/8/2021) sekira pukul 03.00 dinihari.

Korban kesehariannya sebagai pencari ikan di sekitar aliran Sungai Barumun.

"Mari kita berdoa agar Parlaungan segera dapat ditemukan yang kabarnya diduga hanyut terbawa arus Sungai Barumun," tutur Sulaiman.

Camat Sulaiman meminta kepada pihak keluarga untuk tetap sabar dan tabah dengan cobaan ini. "Mari kita terus berdoa agar Parlaungan segera ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat sesuai yang kita harapkan," tandasnya.