PALAS - Wakil Bupati Padanglawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada  Peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76 tahun 2021.

Upacara  berlangsung di halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala, Kecamatan Barumun, Selasa (17/8/2021) dimulai pukul 08.00 WIB.

Komandan upacara terpantau Danramil 09 Sosa, Lettu CPL Mhd Salim Nasution, dihadiri Sekda Arpan Nasution SSos, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD serta para pimpinan BUMD/BUMN dan instansi vertikal serta undangan lainya.

Untuk pengibaran bendera merah putih dilakukan anggota paskibra, diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dari kelompok Drumb Band Gita Bahana Palas.

Wabup mengatakan peringatan dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus 2021 ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19, yang mana kondisi saat ini ibarat berperang dengan musuh yang tidak nyata.

Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha terus bahu membahu bertahan dan berupaya untuk meminimalkan potensi penularan Covid-19 dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Zarnawi juga menghimbau seluruh elemen masyarakat Palas untuk berpartisipasi aktif dalam program vaksinasi.Sebab partisipasi
semua telah menjadi bagian dari ikhtiar untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan. 

Dengan harapan, lanjut Zarnawi, setelah keterpurukan ini, dapat bangkit melakukan upaya-upaya pemulihan ekonomi dengan Indonesia Tangguh dan Indonesia tumbuh.

Ia mengajak untuk menjadikan semangat hari kemerdekaan tahun ini, sebagai motivasi untuk menyatukan potensi kekuatan guna menjaga dan tetap mendorong agar kita semua mampu bertahan termasuk menjaga geliat perekonomian untuk terus bertahan dan tumbuh.

"Mari kita tingkatkan  produksi hasil-hasil pertanian dan sumber daya alam lainnya, untuk pemenuhan kebutuhan pokok serta menciptakan suasana kondusif," pintanya.

Meski pelaksanaan upacara diwarnai kondisi hujan gerimis, tidak menyurutkan semangat para peserta upacara dan tetap  berjalan khidmat, aman dan lancar.