MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I-Medan menyampaikan, dalam 5 hari kedepan Kota Medan bakal terjadi hujan ringan hingga lebat dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 30 knot. Hal tersebut diungkapkan petugas BMKG Wilayah I-Medan, Budi Prasetyo saat diwawancarai oleh wartawan Gosumut.com di Medan, Senin (16/8/2021).

"Secara umum sebagian wilayah Sumatera Utara sudah memasuki musim penghujan. Masih aktif nya MJO (Osilasi Madden Julian) yang berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan. Serta terdapat pusaran angin (Eddy) yang menyebabkan belokan dan pertemuan angin (konvergensi) di wilayah Sumatera Utara, sehingga diprediksi masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat dalam lima hari kedepan," jelasnya.

Budi menjelaskan, kecepatan angin berkisar antara 10 – 30 knot. Massa udara yang melewati wilayah Sumatera Utara relatif lembab dengan nilai kelembaban berkisar antara 75 – 95 %. Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan cukup signifikan di wilayah Sumatera Utara.

Budi mengimbau, kepada masyarakat bantaran sungai dan daerah rawan longsor agar dapat mewaspadai potensi bencana hidrometerologis.

"Para pengendara berhati-hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara," ucapnya.