MEDAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan menggelar bakti sosial memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76. Selain memperingati HUT RI ke-76, bakti sosial dengan menyantuni warga terdampak Covid-19 dengan Sembilan Kebutuhan Pokok (Sembako) dan pakaian layak pakai tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bawaslu Kabupaten/kota se Indonesia yang ke-3.

Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial ini tidak hanya untuk menyemarakkan HUT RI ke-76 dan hari jadi ke-3 Bawaslu Kabupaten/kota se-Indonesia. Akan tetapi usaha kecil Bawaslu Kota Medan dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Bakti sosial yang kita lakukan ini, mungkin bagian terkecil dalam membantu masyarakat yang ada di Kota Medan. Dan sumbangsih ini dilakukan oleh sekretariat Bawaslu kota Medan dengan cara memberikan donasi dari seluruh staf dan juga pimpinan Bawaslu Kota Medan," ujar Payung Harahap usai menyalurkan bantuan ke warga di beberapa kawasan Kota Medan, Senin, (16/8/2021).

Lebih lanjut Payung menjelaskan, bahwa bakti sosial ini sudah dilakukan Bawaslu Kota Medan selama tiga pekan berturut-turut yaitu setiap hari Jumat.

"Bawaslu kota sebenarnya sudah melaksanakan bakti sosial ini selama 3 minggu berturut-turut yakni setiap hari Jumat dengan cara turun ke jalan secara bersama-sama dan membagikan sembako yang sudah disiapkan oleh Kepala sekretariat Bawaslu Kota Medan," jelas Payung Harahap.

Karena itu, kata Payung, mudah-mudahan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dan Hari jadi ke-3 Bawaslu Kabupaten/kota se-Indonesia ini memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat kota Medan.

"Walaupun tidak begitu banyak, tapi yang jelas bentuk solidaritas kami sebagai lembaga negara atau penyelenggara Pemilu khususnya untuk memberikan partisipasi yang bermanfaat bagi masyarakat kota Medan," pungkas Payung.

Senada dengan itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Medan, Ayu Harianty menambahkan bahwa kegiatan bakti sosial akan terus berlanjut secara berkesinambungan tidak hanya dalam rangka HUT RI yang tujuannya untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

"Kegiatan bakti sosial Jumat Berkah yang dilaksanakan Bawaslu kota Medan insyaAllah akan bisa terus berlanjut sampai seterusnya Jumat-jumat ke depan. Kegiatan ini murni dilakukan karena bentuk empati pimpinan Bawaslu Kota Medan beserta staf dan Sahabat Bawaslu Kota Medan kepada seluruh masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19," pungkas Ayu.