PALAS - Polres Padanglawas menggelar gebyar vaksin merdeka dalam rangka Dirgahayu ke 76 RI "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Vaksinasi dilaksanakan secara serentak di tingkat Puskesmas yang melibatkan vaksinator dari Puskesmas Dinas Kesehatan Palas.

Puskesmas Sibuhuan melaksanakan kegiatan di Lapangan Merdeka Sibuhuan yang dipantau langsung oleh Kabag Ops Polres Palas, Kompol Aswin Noor Nasution.SH, Sabtu (14/8/2021).

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kepala Bagian Operasi Polres Padanglawas, Kompol Aswin Noor Nasution SH mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk melihat animo masyarakat untuk ikut vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran Covid 19.

Dalam vaksinasi ini, kata Aswin, masyarakat menerapkan protokol kesehatan, seperti tidak berkerumun, sehingga petugas mengatur satu persatu peserta sebelum vaksinasi diberikan sesuai ketentuan yang telah diterapkan.

Pada saat pemantauan, Kabag Ops Polres Palas menyapa warga dengan humanis dan ramah serta berkomunikasi dengan tenaga medis dan juga masyarakat yang sedang menerima vaksin Covid 19.

”Pemberian vaksinasi kepada masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan Polri bagi masyarakat untuk perang terhadap pandemi corona," tambah Aswin yang juga koordinator vaksinasi merdeka secara serentak yang dilaksanakan Polres Palas.

Aswin juga mengimbau, masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan langkah 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Sibuhuan, Nurhalimah Hasibuan mengatakan jumlah warga yang telah datang dan mendapatkan vaksin merdeka hari ini sudah mencapai sekitar 52 orang dari sasaran seratusan warga.

Ia berharap, warga yang belum divaksin segera mendaftarkan diri sebagai partisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Palas umumnya.

"Melalui momentum gebyar vaksin Merdeka ini dapat meningkatkan kesadaran warga serta kepedulian yang tinggi tentang pentingnya kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga dalam mencapai Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," pungkasnya.