ASAHAN - Pemkab Asahan bekerjasama dengan Polres Asahan menggelar vaksinasi massal tahap I dalam rangka gebyar HUT RI ke-76, Sabtu (14/8/2021) di Gedung Serba Guna (GOR) Kisaran, Kabupaten Asahan. Vaksinasi Covid-19 ini ditinjau unsur Forkopimda Asahan diantaranya Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Danyon 126/KC, perwakilan Dandim 0208/Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Asisten Pemkab Asahan dan beberapa OPD Pemkab Asahan.

Serbuan vaksinasi merdeka yang dicanangkan pemerintah kali ini diberikan kepada 1350 orang. Dengan sasaran, mahasiswa, lansia dan masyarakat umum.

Dalam pelaksanaannya vaksinasi ini dibagi 2 gelombang yakni pukul 08.00 - 11.00 Wib diperuntukkan khusus mahasiswa. Sedangkan mulai pukul 11.00 - selesai, untuk lansia berusia diatas 60 tahun, dan sisanya untuk umum.

Sementara itu, untuk vaksin tahap kedua akan dilaksanakan 28 hari kemudian ditempat yang sama. 

Tim vaksinator dalam Gebyar Vaksinasi Merdeka ini terdiri dari 6 tim, yakni 4 tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, 1 tim vaksinator dari Polres Asahan, dan 1 tim vaksinator dari Danlanal Tanjung Balai Asahan.

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan, program ini merupakan rangkaian dari peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun.

Ia menegaskan, vaksinasi massal ini tetap harus mengedepankan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaannya sesuai anjuran pemerintah.

"Mari sama-sama kita mensukseskan program vaksinasi merdeka karena dengan divaksin kita dapat meningkatan kekebalan imun tubuh kita," tegasnya.

AKBP Putu Yudha Prawira juga mengatakan, unsur Forkopimda Kabupaten Asahan siap bekerjasama dan bergotong royong dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini, yang bertujuan untuk meningkatkan herd immunity masyarakat Kabupaten Asahan.

“Kami Forkopimda Kabupaten Asahan akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten Asahan dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Asahan,” tutupnya.