SAMOSIR - Minggu kedua Agustus, Kabupaten Samosir menyampaikan kabar baik, dimana kasus baru Covid-19 di Samosir mulai mengalami penurunan sehingga bila hal itu terus terjadi skenario pembukaan objek-objek wisata akan dilakukan. Demikian disampaikan juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara, Jumat (13/8/2021) malam.

Adapun data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir yang dilaporkan hingga, Jumat (13/8/2021), tambah 4 kasus baru dan 16 sembuh.

"Kita bersyukur atas melandainya kasus harian namun tetap melaksanakan secara konsisten apa yang sudah dilaksanakan sejauh ini agar pengendalian kasus harian dapat dilakukan setiap harinya dengan tetap siaga melakukan PPKM secara konsisten dan berkelanjutan," ucapnya.

Diterangkan, kini Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir tengah menyiapkan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Samosir atas 50 ribu vaksin yang diterima Kementerian Kesehatan secara bertahap sesuai dengan rantai pasok yang diterima.

"Hingga hari ini, vaksinasi telah dilaksanakan terhadap 2.636 penerima manfaat atau sekitar 2,6 % dari target yang ditetapkan, yaitu 102.000 orang," papar Plt. Kepala Dinas Perhubungan itu.

Disebutkan, jika target itu dicapai pada tahun ini, maka kekebalan komunal minimal akan dapat terbentuk di Kabupaten Samosir dan Bupati Samosir selaku Ketua Satgas Covid-19 bersama Forkopimda Samosir tetap berupaya untuk mendapatkan vaksin secara vertikal dari ragam jalur yang ditetapkan.

Di sisi lain, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir melalui RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan juga tetap menjaga Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat hunian tempat tidur dengan menyiapkan upaya isolasi terpusat sesuai kebutuhan serta merta dengan mengikuti perkembangan kasus harian.

Lebih lanjut, hingga tanggal 23 Agustus, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir berharap terjadi pelandaian kasus dan dapat dikendalikan.

"Dengan demikian, skenario pembukaan objek-objek wisata, setelah melalui kajian para pihak terkait, akan dilakukan dengan tetap menganut prinsip keamanan pelaku usaha pariwisata dan pelaku perjalanan wisata ke Kabupaten Samosir," ujar Rohani.

Dipaparkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir tetap menjaga PPKM dilaksanakan secara benar, pemulihan ekonomi, ketersediaan bahan pokok, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyekatan pada pintu-pintu masuk ke Kabupaten Samosir, kajian-kajian berjalan terhadap perkembangan terkini penanganan Covid-19 serta penanganannya, dan hal-hal lain yang menyangkut pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir.

Berikut data perkembangan Covid-19 Kabupaten Samosir:

- Suspek, 5 orang
- Probable, 1 orang
- Kumulatif kasus aktif, 264 orang
- Kumulatif sembuh, 1.143 orang
- Kumulatif meninggal dunia, 38 orang
- Kumulatif kasus, 1.445 sejak 2020 lalu.


Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Samosir, Jumat (13/8/2021), total pelaksanaan vaksinasi sebanyak 2.636 orang dengan rincian, dosis 1, sebanyak 2.273 orang, dan dosis 2, sebanyak 363 orang.

Jumlah yang sudah tuntas divaksin dosis 1 dan 2, sebanyak 21.559 orang. Jumlah yang belum divaksin dosis 2, sebanyak 13.497 orang.

Sementara persediaan vaksin hingga, Jumat (13/8/2021) di Kabupaten Samosir, sebanyak 5.174 vial Sinovac dan 25 vial Aztrazeneca. Total yang telah divaksin di wilayah Kabupaten Samosir, sejumlah 35.056 orang.