PADANGSIDIMPUAN - Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution membuka pelatihan teknis peternakan bagi non aparatur (manajemen pakan ternak) yang dilaksanakan UPT Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor pada Dinas Pertanian Padangsidimpuan, Jumat (13/8/2021).


Pada sambutannya, Walikota Irsan berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan agar dapat mentransfer ilmu dari para narasumber agar dapat meningkatkan ilmu dalam beternak dan pakan ternak.

"Agar ke depannya ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat direalisasikan di lapangan dalam beternak dan akan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat," ungkap Walikota Irsan.

Irsan mengungkapkan, pada tahun ini saja masih banyak hewan kurban dipasok dari luar kota Padangsidimpuan, dari 1300 hewan kurban yang di sembelih pada Idul Adha pada tahun ini.

"Saya ingin bapak/ibu peserta pelatihan ini dapat melihat peluang ke depannya. Walaupun Padangsidimpuan ber status Kota tetapi masih di topang oleh sektor pertanian, perkebunan dan peternakan dan Alhamdulillah kita masih swasembada pangan," ucap Walikota Irsan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar pada laporannya mengatakan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari di 2 lokasi berbeda kepada 90 orang peternak di Kota Padangsidimpuan.

Dia berharap dengan dilaksanakannya pelatihan dari UPT BBPH Cinagara Bogor ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan peternak dalam meningkatkan mutu pakan, baik pakan buatan, alternatif maupun manajemen pakan itu sendiri.

"Adapun nanti materi yang akan dibawakan oleh narasumber menyangkut pelatihan pakan fermentasi, pelatihan pengolahan limbah ternak (pembuatan pupuk padat, pupuk cair, perbanyakan microba, pembuatan micro organisme lokal/MOL dan pelatihan manajemen pakan ternak (pakan alternatif) itu sendiri," ungkap Parhimpunan.

Koordinator tim dari UPT BBPH Dayat Hermawan menjelaskan salah satu manfaat dari pakan fermentasi adalah Dapat mempercepat petumbuhan karena pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan. Daging ternak menjadi lebih rendah kolesterol dan tidak prengus. Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada ternak.