ASAHAN - Kadis Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Drs Sofian MPd dilantik sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Asahan menggantikan Almarhum Malanton Laode Hasibuan.

Pelantikan tersebut dilaksanakan setelah Konferensi Kabupaten Asahan Luar Biasa (Konkablub) PGRI Asahan periode 2021-2023 di Aula SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kamis (12/8/2021).

Dalam hal ini selain Sofian, Sekretaris yang dijabat Safnil dan Bendahara yang dijabat Anita Hasibuan juga turut dilantik Ketua PGRI Provinsi Sumatera Utara yang disaksikan Bupati Asahan.

Ketua PGRI Kabupaten Asahan terpilih Sofian dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus PGRI Kabupaten Asahan untuk bersama-sama berjuang dalam membangkitkan dan mengembangkan PGRI Kabupaten Asahan menjadi lebih baik ke depannya.

"Ditangan kita terdapat beban yang sangat berat, dimana masa depan generasi penerus bangsa tergantung ditangan kita," katanya.

Sofian berharap kepada pengurus PGRI Kabupaten Asahan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan sesuai dengan profesi sebagai seorang pendidik.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, kita harus meningkatkan profesionalisme kita sebagai seorang pendidik, karena seorang pendidik adalah sebuah agen perubahan generasi penerus bangsa. Kita juga harus selalu memberikan inovasi yang baru dalam dunia pembelajaran di sekolah serta sebagai seorang pendidik kita harus dapat menjadi tauladan bagi para anak didik kita," tuturnya.

Selain itu sambungnya, seorang pendidik harus dapat mengikuti perkembangan zaman, dimana pada zaman ini, seorang pendidik dituntut untuk dapat memahami dunia teknologi, sehingga para pendidik tidak ketinggalan dengan kemajuan zaman itu sendiri.

"Saya meminta dukungan dari pengurus PGRI Kabupaten Asahan untuk mewujudkan Asahan yang Cerdas. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengurus PGRI Kabupaten Asahan kepada saya, untuk memimpin PGRI Kabupaten Asahan pada periode saat ini," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua PGRI Sumatera Utara, Drs Abdul Rahman Siregar menyampaikan harapannya kepada Ketua PGRI Kabupaten Asahan terpilih untuk dapat membangun PGRI Kabupaten Asahan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Abdul juga mengapresiasi PGRI Kabupaten Asahan yang telah mengambil langkah cepat untuk mengisi kekosongan Ketua PGRI Kabupaten Asahan yang telah meninggal dunia.

"Saya berpesan kepada PGRI Kabupaten Asahan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan Forkopimda Kabupaten Asahan," pesannya.

Ditempat yang sama, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan sebagai seorang pendidik harus mampu memberikan contoh yang baik dan dapat menjadi tauladan bagi para anak didiknya. Karenanya, seorang pendidik harus mampu membaca kondisi anak didiknya dan dapat melakukan pendekatan secara persuasif.

"Untuk menjadi seorang pendidik yang berkualitas, seorang pendidik harus memiliki prinsip hidup dan mampu memberikan sesuatu yang baik yang dimiliki, karena sesuatu yang baik ini nantinya akan kembali kepada diri kita sendiri," katanya.

Bupati yang dulunya adalah seorang guru ini juga meminta kepada PGRI Kabupaten Asahan agar dapat membantu Pemerintah Kabupaten Asahan dalam menjalankan visi dan misinya, mewujudkan Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter.

"Saya berharap PGRI Kabupaten Asahan dapat menciptakan para pendidik yang memiliki kualitas dan dapat memberikan pembelajaran yang baik bagi anak didiknya," harap Surya.