ASAHAN - Sekretaris DPC - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Asahan, Lasam M mewakili Ketua menekankan kepada rakyat Indonesia terkhusus masyarakat Kabupaten Asahan agar mampu melanjutkan perjuangan mereka selaku pejuang/perintis kemerdekaan.
Hal tersebut diutarakannya saat diadakan ramah tamah antara Bupati Asahan, Forkompinda Asahan dengan pejuang/perintis kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 di Kabupaten Asahan, Kamis (12/8/2021) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

"Dalam memerdekakan Republik ini tidak semudah seperti yang kita lihat. Kalian sebagai genarasi penerus harus mampu melanjutkan perjuangan kami, dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin," tegas Lasam M.

Menurutnya, kemerdekaan Indonesia ini bukan barang gratis atau hadiah dari bangsa penjajah. Tetapi kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan dengan mengorbankan tumpah darah dan air mata.

"Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, bukan barang gratis atau hadiah dari bangsa penjajah, tetapi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan hasil dari perjuangan dengan mengorbankan tumpah darah dan air mata.

Maka dari itu, dirinya meminta kepada generasi penerus agar menghargai pengorbanan para pejuang dalam memerdekakan Republik Indonesia.

"Hargai pengorbanan kami dan pejuang lainnya dalam memerdekakan Republik Indonesia yang kita cintai ini dengan cara harus mampu melanjutkan perjuangan kami selaku pejuang/perintis kemerdekaan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, acara ramah tamah ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan/pejuang kemerdekaan serta menanamkan kembali arti pentingnya nilai-nilai kepahlawanan khususnya kepada para generasi muda penerus bangsa.

"Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat meneladani nilai-nilai dan semangat perjuangan para veteran untuk meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini," ujarnya.

Oleh karena itu, sambungnya, tiada kata lain kecuali harus menatap kedepan lebih bersatu melangkah bersama meskipun dalam suasana kondisi pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya, walaupun demikian cita-cita bangsa dan para pejuang tidak boleh berhenti sampai disini.

"Kita harus melangkah bersama menuju Indonesia maju," katanya.

Selain itu, lanjutnya, dengan segala kerendahan hati Surya menyampaikan kepada para pejuang, bahwa para generasi penerus tetap senantiasa berupaya melanjutkan kemerdekaan.

"Insya Allah generasi kami yang sedang mengemban amanah untuk melanjutkan kemerdekaan tentu akan melanjutkan semua apa yang telah ditetapkan landasan-landasannya oleh para pendiri Republik dan pemimpin-pemimpin terdahulu. Tentu saja setiap zaman mengalami tantangannya sendiri, permasalahan datang dan pergi selalu ada dinamika dan perubahan. Mudah-mudahan kami bisa mengemban tugas yang tidak ringan ini untuk melanjutkan, meneruskan cita-cita perjuangan yang telah dirintis oleh Bapak Ibu. Mudah-mudahan kami dapat mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dan berhasil mewujudkan cita-cita dan tujuan kemerdekaan," tuturnya.

Selaku Bupati, Surya mengaku menyadari bahwa kegiatan tersebut tidaklah cukup untuk membalas segala jasa dan pengorbanan yang telah diberikan para pejuang dan perintis kemerdekaan.

"Kami menyadari acara yang dilaksanakan pada hari ini tidak cukup untuk membalas segala jasa dan pengorbanan yang telah Bapak Ibu berikan. Namun, acara ini adalah merupakan bagian dari bentuk penghargaan kami terhadap jasa dan pengorbanan yang telah bapak ibu persembahkan. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak Bapak Ibu untuk terus berkarya, terus mengabdi bersama kami yang lebih muda karena kami juga ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini," tutupnya.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan bingkisan kepada para pejuang perintis kemerdekaan secara simbolis yang diserahkan oleh Bupati Asahan bersama dengan Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Agama Kisaran, Danyon 126/KC, Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kapolres Asahan dan Mewakili Ketua PN Kisaran.