TAPTENG - Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, Tim Vaksin Dalihan Natolu Kodim 0211/TT, bekerjasama dengan PT Gideon Mula Gabe (GMG), menggelar vaksinasi massal dosis pertama terhadap warga Kecamatan Sukabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah.
Gebrakan vaksinasi bertajuk 'Serbuan Vaksinasi TNI' yang menyasar seratusan warga ini, digelar di kantor Direksi PT Gideon Mula Gabe (GMG), di Desa Janji Maria, Kecamatan Sukabangun, Tapteng, Jumat (6/8/2021).

Sebanyak 10 vaksinator yang dipimpin dr Juara Sianturi dari Puskesmas Pulo Pakkat, dikerahkan untuk melayani peserta vaksin.

"Untuk hari ini kita siapkan 10 vial, di mana setiap vial berisi vaksin 10 dosis," ungkap Danramil 04/Pinangsori, Kapten Chb Firman Sitompul.

Dipaparkannya, Kodim 0211/TT akan terus mendukung serbuan vaksinasi yang merupakan upaya dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Firman menegaskan, pihaknya akan terus siap melaksanakan serbuan vaksinasi dengan menyiapkan vaksinator semaksimal mungkin.

"Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika mendapat vaksin Covid-19, di antaranya, memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Resiko untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil," imbuhnya.

Vaksinasi ini, kata dia, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelamatkan sekaligus melindungi warga dari serangan virus Corona. Seseorang yang mendapatkan vaksin, akan dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun.

"Disamping gencar melaksanakan vaksinasi, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita juga selalu menggelar operasi yustisi dan himbauan-himbauan, termasuk pengaktifan personil di posko-posko PPKM," urainya.

Sementara itu, Maneger PT Gideon Mula Gabe (GMG), Daniel Sitorus menyebutkan, vaksinasi massal yang dilaksanakan di kantor Direksi PT GMG bagian dari komitmen dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19.

Daniel menegaskan, sejak awal pandemi pihaknya secara proaktif turut andil dalam melindungi karyawan serta masyarakat sekitar wilayah perusahaan melalui berbagai inisiatif seperti, pembagian masker gratis dan penyediaan wastafel portabel di tempat-tempat umum.

"Partisipasi ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah mencegah laju penyebaran Covid-19," kata Daniel, yang didampingi Kasi Trantib Damkar Kecamatan Sukabangun, Kamiller Tumanggor.

Diakhir penyampaiannya, Daniel menghimbau masyarakat yang belum di vaksin untuk tidak ragu dan takut mengikuti vaksinasi. Menurutnya, pembuatan vaksin Covid-19 sudah berpedoman pada BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Vaksin Covid-19 dipastikan aman dan halal.

"Seluruh karyawan kita juga ikut di vaksin. Ayo, mari sama-sama vaksinasi dan menegakan disiplin protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari," pungkasnya.