TOBA - Disinyalir, seorang oknum pejabat ASN pada Sekretariat Kantor Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Toba terpapar Positif Covid-19. Sehingga semua pegawai maupun tenaga honorer diminta harus mengosongkan seluruh ruangan kantor sekretariat kantor Bupati.

Instruksi ini disampaikan Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy Sitorus SH MSi melalui pengeras suara, Senin, 26/07/2021, sekira pukul 15.30 Wib.

"Tepat pukul 16.00 Wib seluruh ruangan kantor sekretariat Kantor Bupati sudah harus dikosongkan dan semua pintu masuk kantor di tutup total terkecuali pintu utama masuk kantor Bupati," ujarnya.

Lebih lanjut disampikan Sekda dalam pengeras suara, semua pegawai yang bertugas PNS/ASN maupun tenaga honorer sudah harus keluar dan meninggalkan kantor Bupati dan yang tinggal hanya 1 orang sebagai petugas untuk membukakan pintu bagi para petugas yang akan melakukan penyemprotan.

Kemudian semua pegawai yang bertugas dikantor Bupati Kabupaten Toba tanpa terkecuali diminta untuk berangkat ke Puskesmas Tandang Buhit Balige untuk mendapatkan pemeriksaan melalui Swab antigen (straching test).

Begitu mendengarkan imbauan Sekda melalui pengeras suara kantor Bupati, seluruh PNS/ASN beserta para tenaga Honorer yang bertugas di kantor bupati bergegas keluar meninggalkan kantor Bupati Toba.

Berselang beberapa menit kemudian setelah sekda menyampaikan informasi, puluhan petugas dari Satgas Covid-19 dan petugas dari BPBD Kabupaten Toba datang melakukan penyemprotan cairan desinfektan.

Penyemprotan dilakukan mulai dari lantai 1 kantor Bupati pada ruangan kantor kerja Kabag Umum dan Kabag Orta terus ke lantai 2 pada ruangan Kantor Bagian Humas, Bagian Ekon, Bagian Tapem dilanjutkan ke Lantai 3 pada ruangan kerja Bupati dan Wakil Bupati Toba terus ke ruangan kerja Sekda, Assisten 1, Assisten 2, Assisten 3 dan Raungan Staf Ahli Bupati yang dilanjutkan ke Lantai IV pada ruangan Kabag Kesos, Kabag Hukum, Kabag Pertanahan, Kabag Tapem dan ruangan Balai Data.

Penyemprotan dilakukan oleh petugas dari BPBD Kabupaten Toba dengan waktu 1 jam menyemprot seluruh bagian dalam gedung kantor Bupati Pemerintah Kabupaten Toba.

Kepala Puskesmas Tandang Buhit Kecamatan Balige dr. Freddy S Sibarani yang juga Ketua IDI Kabupaten Toba saat dikonfirmasi GoSumut melalui sambungan selulernya membenarkan ratusan pegawai Kantor Bupati Toba sedang dilakukan pemeriksaan/straching Covid-19.

Ditegaskannya, saat ini Puskesmas Tandang Buhit dengan seluruh petugasnya sedang melakukan pemeriksaan swab antigen kepada ratusan pegawai PNS/ASN Sekretariat Kantor Bupati Toba.

"Untuk saat ini kami belum bisa memberikan keterangan tunggu selesai semua diperiksa," tegas dr Fredfy.

Sementara Sekda Kabupaten Toba Drs Audhi Murphy Sitorus yang dikonfirmasi GoSumut via whatsApp, hingga berita ini diturunkan belum memberikan penjelasan.