MEDAN - Walikota Medan, Bobby Afif Nasution mengatakan bahwa dirinya tidak positif Covid-19. Sebab, dia sudah melakukan tes PCR sebanyak tiga kali.


"Saya kasih tau. Saya tiga kali tes PCR hasilnya tiga-tiganya negatif. Namun saya sampaikan ada orang deket saya positif. Kemarin hari Senin lalu pas kebetulan juga, gak enak badan. Arahan dari Kadis agar isolasi mandiri," jelas Bobby saat di wawancara wartawan di Hotel Santika Dyandra Medan, Senin (26/7/2021).

Bobby menjelaskan, selama lima hari ini dia diisolasi mandiri terhitung mulai Senin lalu hingga Sabtu (24/7/2021).

Bobby Nasution juga menyampaikan, saat ini angka konfirmasi positif di Medan masih tinggi. Pada bulan lalu, jumlah pertambahan kasus positif Covid-19 sekitar 40-60, lalu pada minggu berikutnya bertambah menjadi 90-100, 200, dan pada Minggu, 25 Juli kemarin bertambah 521 kasus.

"Medan masuk dalam PPKM Level 4, karena itu kami imbau lagi agar menerapkan prokes dengan baik. Salah satu penerapan PPKM Level 4 ini adalah untuk menerapkan prokes lebih ketat lagi," ucapnya.

PPKM ini, ucap Bobby Nasution, sebenarnya ingin mempersiapkan masyarakat menjalankan prokes dengan baik.

"Jadi bukan berarti setelah PPKM bebas, ini hanya bagian dari pembelajaran. Ini trainingnya, kalau trainingnya berhasil, kegiatan sehari-hari masyarakat sudah terbiasa mengikuti standar prokes," benernya.