KARO - Kawasan hutan Bukit Sipiso-piso, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo terbakar, Minggu (25/7/2021) sekira 14.00 WIB. Sejumlah.  petugas pemadam kebakaran, TNI, dan Polri berjaga-jaga dan mengantisipasi meluasnya lahan yang terbakar. Terpantau hingga pukul 21.00 WIB api masih membara dan lahan yang terbakar semakin meluas di lereng Bukit Sipiso-piso. Dikhawatirkan api merembet hingga ke pemukiman dan kawasan perladangan milik warga. 

Eben Albert selaku petugas pemadam kebakaran menjelaskan, saat ini masih dalam pemantauan, melihat kondisi lereng bukit yang curam dan tidak bisa dilalui oleh unit mobil pemadam kebakaran. 

"Saat ini masih kita pantau karena kondisi lereng yang curam, tidak bisa dilalui oleh manusia maupun kendaraan," katanya.

kawasan hutan Bukit Sipiso-piso terbakar

Ia menambahkan sudah ada tim yang sedang mencoba untuk naik ke atas dan melihat kondisi dan situasi yang terjadi.

"Setidaknya ada dua titik lokasi yang terbakar," tambahnya. 

Sementara Yandi petugas kepolisian Babinkamtibmas mengatakan pihaknya masih melihat dan berjaga-jaga bila terjadi rembetan api ke pemukiman warga. 

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan saat ini kita masih berjaga-jaga, dan mengantisipasi supaya jangan sampai meluas ke pemukiman," katanya. 

Sementara itu penyebab terjadinya kebakaran masih belum diketahui. Untuk diketahui Bukit Sipiso-piso merupakan tempat wisata dan tempat camping favorit bagi pecinta alam di kawasan wisata Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. 

Terlihat beberapa wisatawan yang melintas di jalan menuju tempat wisata Tongging berhenti dan melihat kejadian tersebut.