KARO - Gunung Sinabung mengalami erupsi kembali erupsi, Senin (19/7/2021) sekira pukul 18.50 WIB dengan tinggi kolom abu 1000 meter dari puncak kawah atau 3.460 Meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 86 mm dan durasi 11 menit 2 detik. 

Kemudian tidak lama berselang Sinabung kembali erupsi susulan dengan tinggi kolom abu 300 meter di atas puncak atau 2760 meter di atas permukaan laut. Saat ini Sinabung masih berstatus level tiga (siaga).

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung wisata agar tidak mendekati zona merah dan desa-desa yang sudah di relokasi.

Adapun zona merah di kawasan Sinabung antara lain radius 3 kilometer dari puncak dan radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Selain itu ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker terutama bila terjadi hujan abu, terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang. 

"Untuk masyarakat gunakan masker jika hujan abu, dan kepada masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai yang berhulu di Sinabung agar mewaspadai bahaya lahar," katanya.