TEBINGTINGGI - Satgas Covid-19 Tebingtinggi terus menggelar giat sosialisasi guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 jelang Idul Adha 1422 H pada Selasa (20/7/2021), besok.

Tim Satgas Covid-19 yang juga Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Tebing Tinggj Iswan Suhendi SSTP MSi, Senin (19/7/2021) malam usai sosialisasi di Mapolres Tebingtinggi mengatakan, materi sosilisasi menitik beratkan seputar pencegahan kerumunan dan larangan takbiran keliling hingga penyembelihan hewan kurban.

"Kita terus sosilisasikan hal dari sore hingga malam ini. Warga agar tidak menggelar takbiran keliling, silahkan bertakbir, gelar di musala dan masjid dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat," ucap Iswan kepada GoSumut.com.

Sosialisasi larangan bertakbir, dijelaskan Iswan juga digelar hingga ke jalan. Bersama anggota tim Satgas Kepolisian Polres Tebingtinggi Iptu Agus Arianto dan petugas Satpol PP Pemda setempat, Tim Penaganan pandemi bergerak bersosilisasi.

"Kita harapkan, sosilisasi itu dapat diterima warga demi keselamatan bersama," ucap Iswan.

Di tengah pandemi itu, pihaknya juga menghimbau warga untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah, terlebih aktifitas mudik Idul Adha yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Tim Satgas Covid-19, di Mako Kepolisian, sore tadi dikatakan Iswan juga meminta kepada panitia kurban agar memperhatikan prokes saat penyemblihan hewan kurban.

"Penyemblihan itu berpotensi menimbulkan massa yang ingin menyaksikan, terapkan prokes seluruh panitia dan warga, kita harus menekan penyebaran, tanpa harus menganggu ibadah," tegasnya.

Usai penyemblihan, Iswan juga melihat potensi kerumunan lainnya. Pria jebolan Jatinangor itu menghimbau agar pendistribusian daging kurban diantar langsung kepada penerima.

"Iya kita cegah antrian, karena dapat menjadi potensi tinggi timbulnya kerumunan, kita minimalisir penyebaran Covid-19, terapkan disiplin 5M Corona," pinta Iswan.