PALAS - Perusahaan PT Mazuma Agro Industri (MAI) menyerahkan enam ekor sapi qurban kepada masyarakat enam desa di sekitar perusahaan, Senin(19/7/2021).

Sapi qurban menyambut Idul Adha 1442 H tahun 2021 tersebut diserahkan Management perusahaan selaku bapak angkat plasma untuk enam desa yang berlokasi di Desa Sungai Korang, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas.

Pihak perusahaan secara langsung mengantarkan sapi qurban ke masing -masing desa yang diterima oleh pemerintah desa setempat.

Desa penerima bantuan sapi qurban dari perusahaan PT MAI diantaranya Desa Sungai Korang, Desa Hutaraja Tinggi, Desa Pasar Panyabungan, Desa Menanti Sosa Jae dan Desa Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Area Manager Barsori Plus PT MAI Mujiono Putra.SP di dampingi Humas Basaruddin Hasibuan mengatakan sapi qurban yang diperuntukkan bagi masyarakat berasal dari hasil pengembangan ternak sapi yang dikelola perusahaan di kebun Sei Korang, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

"Sapi qurban yang diserahkan kepada masyarakat dijamin kesehatannya dengan kualitas daging yang baik," terang Mujiono dan Basaruddin.

Menurut dia, pengembangan sapi milik perusahaan tersebut mendapat pembinaan dan koordinasi dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Palas.

"Daging sapi qurban yang kita serahkan kepada masyarakat sudah aman dan layak konsumsi sesuai standar kesehatan karena telah diperiksa Dinas Peternakan dan Perikanan Palas," ujar Mujiono.

Kata Mujiono, bantuan sapi qurban tersebut merupakan agenda rutin tahunan perusahan dari program CSR. "Bantuan sapi ini merupakan wujud kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat yang rutin dilakukan setiap tahunnya," imbuhnya.

Ia menambahkan, selain program CSR, tujuan lain kepedulian sosial ini untuk membangun sinergitas dan silaturrahmi antara perusahaan dan masyarakat sehingga terjalin hubungan yang hamornis mendukung program perusahaan.

"Masyarakat enam desa yang merupakan anak angkat dan anggota plasma tahap dua terus mendapat pembinaan dari pihak Manajemen perusahaan PT MAI," tegas Area Manager Barsori Plus PT MAI Mujiono Putra.

Lebih lanjut, Mujiono dan Basaruddin menjelaskan, keberadaan peternakan sapi miliki perkebunan PT MAI sudah berlangsung selama 6 tahun dalam pengembangan hewan ternak seperti sapi.

Hasil dari pengembangan ternak sapi milik perusahaan, sambung dia, dibagikan kepada masyarakat sekitar perusahaan khusus pada Hari Raya Idul Adha.

Kepedulian sosial perusahaan disambut baik oleh pihak pemerintah desa dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda.

"Penyaluran CSR Perusahaan kepada masyarakar di sekitar lingkungan perusahaan PT MAI berjalan dengan baik dan tepat sasaran," ungkap Kepala Desa Sei Korang, Ikhwanuddin Hasibuan dan Ketua BPD Darwin Hasibuan.

Perhatian dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat dalam menyambut Idul Adha dengan memberikan bantuan sapi mendapat apresiasi dari enam Kepala Desa penerima bantuan sapi qurban.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Pasar Panyabungan Khoiruddin Nasution dan Ketua BPD Edy Ahmad Hasibuan dan Kepala Desa Hutaraja Tinggi, Tony Arwansyah Hasibuan didampingi Sekdesnya Ari Septian Lufti Hasibuan.

Menurut mereka, kepedulian sosial perusahaan dengan memberikan bantuan sapi qurban kepada masyarakat merupakan bentuk perhatian yang berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya bantuan sapi qurban dari perusahaan menambah hewan qurban yang akan disembelih sehingga dagingnya dapat dibagi kepada warga secara merata," timpal Tony.

Pemerintah Desa dan BPD berharap kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat terus ditingkatkan sebagai wujud nyata yang memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar perusahaan PT MAI.